Kayu Bakar yang Membuat Busrin Dipenjara 2 Tahun dan Denda Rp 2 Miliar

Probolinggo – Hukum di Indonesia memang banyak yang membeli kaum berkantong tebal. Salah satu kisah ini adalah segelintir contoh. Buruh tani miskin di Probolinggo, Busrin (58) kini hanya bisa meringkuk di penjara selama 2 tahun. Busrin menebang pohon mangrove untuk kayu bakar supaya dapurnya tetap ngebul.

Rumah sederhana Busrin berada di Desa pesisir, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo. Sehari-hari keluarga Busrin menggunakan kayu bakar untuk memasak kebutuhan sehari-hari. Tumpukan kayu bakar dibiarkan di samping tungku batu bata yang disusun tidak teratur. 

Dapur rumah Busrin terbuat dari dinding anyaman bambu dengan luas tidak seberapa. Dapur itu juga berhimpitan dengan kamar mandi yang juga digunakan untuk mencuci baju dan perkakas. Pintu dapur terbuat dari kayu yang sudah rusak dan berlobang di sana-sini. Di sebelah dapur, bambu dianyam ala kadarnya yang berfungsi sebagai dinding. Tidak ada langit-langit dengan atap genteng yang bocor di sana-sini.

Saat detikcom mengunjungi rumah sederhana itu, Senin (24/11/2014), sebuah panci hitam tengah berada di atas tungku dengan api dari kayu bakar. Busrin merupakan buruh pekerja serabutan yang tidak lulus SD, buta huruf dan buta hukum.

“Saya minta supaya suami saya dikeluarkan karena dia menjadi tulang punggung keluarga. Saya banyak utang di toko untuk membeli kebutuhan pokok,” kata istri Busrin, Susilowati dalam bahasa Madura sambil menangis.

Busrin ditangkap anggota polisi dari Polair Polres Probolinggo, Bambang Budiantoni dan Avan Riado di hutan Mangrove di kampungnya di Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih, pada 16 Juli 2014 lalu. Oleh PN Probolinggo, Busrin dihukum 2 tahun dan denda Rp 2 miliar subsidair 1 bulan.

Busrin dinyatakan salah karena melanggar Pasal 35 huruf e,f dan g UU Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pasir dan Pulau-pulau Terluar. Majelis hakim juga menyatakan tidak ada alasan pemaaf pada diri terdakwa dan tidak ada alasan pembenar pada perbuatan terdakwa.(sp/mch/dtk)