Dahlan Rais: Jadilah Politisi dan Kembali ke Muhammadiyah


Padang- Salah satu Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais bangga terhadap Saleh Partaonan Daulay. Karena Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah tersebut berhasil menjadi anggota DPR RI dan saat ini duduk sebagai Ketua Komisi VIII DPR.
Dahlan Rais menyatakan, beberapa kader terbaik Pemuda Muhammadiyah sebelumnya juga terjun ke ranah politik. Seperti Hajriyanto Y. Thohari dan Imam Addaruquthni.
“Muhammadiyah bangga, melepas dengan doa dan harapan selamat berkiprah di ranah politik,” ucap Dahlan dalam pidatonya saat membuka Muktamar XVI Pemuda Muhammadiyah “Meneguhkan Dakwah dan Meninggikan Moral untuk Indonesia yang Berkemajuan” di GOR Universitas Negeri Padang, Jumat (21/11). 
Doa dan harapan, sambungnya, juga disampaikan kepada kader Pemuda Muhammadiyah lainnya yang terjun ke politik..
Namun, dia mengingatkan pesan yang pernah disampaikan pendiri Muhammdiyah, KH Ahmad Dahlan: Jadilah meester, insinyur, dokter, jadilah guru, kembalilah ke Muhammadiyah.
Dalam konteks itu, Dahlan menambahkan, jadilah politisi dan kembalilah ke Muhammadiyah. “Maksudnya jelas, mudah-mudahan yang berkiprah di politik, memiliki uswatun hasanah, akhlakul karimah, memegang teguh amanah,” jelas adik kandung Amien Rais ini.
Dalam kesempatan itu, Dahlan menyampaikan, Muktamar merupakan forum yang penting. Karena pengurus pimpinan daerah (kabupaten/kota) dan wilayah (provinsi) Pemuda Muhammadiyah dari seluruh Indonesia berkumpul bersama. 
“Tidak ada momentum lain sebesar ini. Tatap muka itu tak bisa digantikan dengan SMS,” ungkapnya.
Makanya, dia meminta agar forum Muktamar tersebut betul-betul dimanfaatkan menjadi ajang mempertautkan hati, mempererat silaturrahim. “Karena itu harapan kami, bermuktamarlah secara bermartabat,” tandasnya.(sp/rmol)