Susi Pudjiastuti, Menteri Nyentrik Gemar Merokok dan Punya Tato

Senin, 27/10/2014 – Presiden Jokowi menunjuk Susi Pudjiastuti sebagai menteri kelautan dan perikanan. Meski hanya tamatan sekolah menengah pertama (SMP), Susi mampu menjadi pengusaha sukses berkat memulai bisnis di bidang perikanan hingga maskapai melalui Susi Air yang dikembangkannya.

Dikutip dari berbagai sumber, Susi dikenal memiliki kepribadian cuek. Bahkan, ia tidak segan langsung merokok di kompleks Istana Kepresidenan, ketika baru saja usai pengenalan nama 34 menteri oleh Jokowi.
Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini paling gemar dengan cerutu Kuba. Dia juga memiliki kebiasaan unik dengan mentato betis kanannya. Dari berbagai sumber, ada yang bilang tato burung merak, ada yang menyebut gambar lobster menghiasi tungkai kaki kanannya. 
Di antara menteri-menteri perempuan yang lain, Susi nampak lebih modis. Dengan gayanya yang modis, Susi juga tampak santai diwawancara oleh media seusai perkenalan nama-nama menteri oleh Jokowi-JK. 


“Indonesia harus jaya di kelautan 70 persen adalah laut, dengan goodwill semua pihak bisa,” ujarnya sambil duduk di rumput halaman Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10). 


Susi duduk sambil melayani pertanyaan awak media. Dia mengaku lelah mengenakan sepatu yang cukup tinggi. Saat ditanya apa terobosan utamanya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi berdalih masih menunggu arahan Jokowi. “Besok nunggu arahan,” ujarnya. 


Sambil asik menghisap rokoknya, Susi melayani pertanyaan awak media. Suasana pun lebih akrab dengan diselingi candaan. “Setop dong, biar aku bisa selesaikan rokok ini sampai habis,” ujarnya. 


Awak media pun tertawa dan terkesima dengan gayanya yang santai. Susi lalu mengatakan dirinya kehausan. Beberapa wartawan pun berusaha mengambilkan air minum untuk Bu Menteri yang nyentrik ini. 


Susi melanjutkan ceritanya. Dia mengaku hampir 30 tahun menjalani usaha di bidang perikanan. Dari usahanya itu, justru dikembangkan untuk membuat maskapai penerbangan Susi Air. 


Namun Susi mengaku tidak terbayang bakal dipilih Jokowi menjadi menteri Perikanan dan Kelautan. Saat ditanya program apa yang akan dilakukannya dalam waktu dekat ini, Susi mengaku belum memiliki gambaran apapun. 


“Belum kebayang bekerja sebagai bakul ikan secara keseluruhan,” ujarnya santai.

Atas ulah nyentriknya itu, ia ramai dibincangkan di forum Kaskus. Di luar penampilannya yang cuek, harus diakui ia memiliki rekam jejak mumpuni sebagai pengusaha. Selamat bekerja Bu Susi! (rol/sp)