Amien Rais : Saling Menghormati Dalam Perbedaan Hari Raya Idul Adha

Hari ini Warga Muhammadyah melakukan salat Idul Adha secara serntak di seluruh tanah air. Kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, Sabtu pagi hingga siang (4/10/14). Mantan ketua umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Amien Rais menyatakan adanya perbedaan hari raya Idul Adha antara Muhammadiyah dan yang ditetapkan pemerintah, harus tetap mengedepankan saling menghormati.
“Saya tidak mau memberikan judgment yang itu salah yang ini benar,” kata Amien kepada wartawan, usai salat Idul Adha di Lapangan Denggung, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (4/10/14).
Menurut Amien, meskipun ada kesalahan ijtihad, namun hal tersebut tidak harus dijadikan masalah. Soal perbedaan dalam Islam, menurutnya, sangat menghargai. Dan, yang harus ditegaskan adalah keikhlasan.
Sebelumnya, Pak Amin saat menyampaikan khutbah di depan ribuan jamaah, ia menyerukan warga Muhammadiyah mensyukuri nikmat yang selalu dilimpahkan Allah.
Amien juga mengingatkan agar meningkatkan ketakwaan, karena semua umat tidak bisa menghindari kematian. “Lambat atau cepat kita akan dipanggil oleh Allah,” ujarnya Sabtu pagi (4/10/14).
Amien juga mengajak warga Muhammadiyah berkurban karena Allah. Dalam berkurban harus meniru Nabi Ibrahim bagaimana menghadapi ujian di dunia, agar mencapai derajat yang tinggi.
Guru besar UGM ini juga menghimbau kepada jamaah untuk tidak mengedepankan ego untuk mendapatkan ridha Allah. [sp/lensaindonesia]