Yusuf Mansur : Hisab Kalender Al Mansuriyah, Idul Adha 4 Oktober

JAKARTA– Pemerintah telah menggelar sidang isbat yang menyatakan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 5 Oktober 2014 mendatang. Akan tetapi, ulama Ustaz Yusuf Mansyur tidak mengikuti hasil sidang isbat tersebut karena menurutnya Idul Adha jatuh pada 4 Oktober.
“Kalender al Mansuriyah, berdasarkan hisab Sullamun Nairain, Guru Mansur, Jembatan Lima, Idul Adha tgl 4 Okt. Sabtu,” kata Yusuf Mansyur dalam akun Twitter pribadinya, @Yusuf_Mansyur, Kamis (25/9).
Namun Yusuf Mansyur tidak menjelaskan lebih detail terkait penanggalan kalender al Mansuriah yang dimaksudkannya. Ia hanya mencuit satu cuitan mengenai waktu jatuhnya Idul Adha tahun ini saja.
Sebelumnya pemerintah memutuskan Idul Adha (10 Dzulhijah) 1435 H jatuh pada Ahad, 5 Oktober. Keputusan ini diambil setelah digelar sidang isbat yang mengumpulkan hasil rukyah (pemantauan) hilal di 70 titik seluruh Indonesia. Hasil pemantauan dinyatakan hilal tidak terlihat.

Dengan keluarnya keputusan versi pemerintah ini, maka Idul Adha tahun ini berlangsung tidak serentak. Sebelumnya Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat penetapan hari-hari besar Islam. Dimana Idul Adha ditetapkan jatuh pada Sabtu, 4 Oktober.