Arab Saudi Wukuf 3 Oktober, Sambut Haji Akbar


Madinah, – Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan hari wukuf. Hari Wukuf Jatuh pada hari Jumat 3 Oktober 2014. Dengan demikian haji tahun 2014 menjadi haji akbar.
“Baru saja kami dapat informasi dari Kepala Pusat Observatorium King Abdul Aziz tentang penetapan 1 dzulhijah, bahwa hasil pengamatan tim di Arab Saudi ada beberapa tempat melihat hilal. Arab Saudi menetapkan bahwa besok 25 September hari Kamis sudah masuk 1 zulhijah. Sehingga konsekuensinya 9 zulhijah jatuh di Hari Jumat,” kata Kasubdit Pembinaan Syariat dan Hisab Rukyah Kemenag RI, Ahmad Izzuddin, dalam konferensi pers di Kantor Misi Haji Indonesia Daker Madinah, Rabu (24/9/2014).
Tradisi di Arab Saudi ketika wukuf jatuh di hari Jumat maka akan terjadi haji akbar. Di mana rakyat Arab Saudi tak ingin ketinggalan melaksanakan ibadah haji. Jumlah jamaah haji pun diprediksi akan membludak.
“Ini menjadi tradisi haji Akbar. Haji akbar terakhir pada tahun 2006,” katanya.
Kemenag telah menetapkan hari raya Idul Adha jatuh pada 5 Oktober. Sehingga puasa sunnah Arofah di Indonesia jatuh pada Sabtu tanggal 4 Oktober. Sementara keputusan ormas Muhammadiyah yakni hari raya Idul Adha jatuh pada 4 Oktober sehingga puasa Arofah bersamaan dengan di Arab Saudi.
“Wajar ketika berbeda dengan Arab Saudi karena ketinggian hilal di Indonesia ketika maghrib di Indonesia di Arab Saudi masih pukul 14.00 siang dan wajar empat jam kemudian hilal sudah di atas ufuk di sana terlihat,” pungkasnya. 
“Pelaksanaan wukuf di Arofah mencakup ruang dan waktu. Memang jamaah haji di Arofah doanya istijabah pada saat di Arofah itu dan pada saat waktu ditentukan. Bagaimana di Indonesia puasa Arofah sedangkan di Arab Saudi sudah wukuf, ini agar dipahami dan tidak perlu diperuncing,” imbuh Izzuddin. [sp/detik]