Kaum Muda Muhammadiyah Kecam Serangan Israel ke Gaza

Angkatan Muda Muhammadiyah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin menggelar unjuk rasa di simpang empat Klodran, mengecam serangan militer Israel ke Gaza, Palestina.
Aksi yang dilakukan puluhan anggota Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) itu, berlangsung di depan Masjid Agung Bantul. Mereka berorasi, melaksanakan shalat ghaib, dan penggalangan dana untuk membantu para korban di Palestina karena aksi milter Israel.
Ustad Budi Nugroho dari Pondok Muhammadiyah As-Syifa Bantul dalam orasinya mengatakan pihaknya meminta masyarakat memboikot produk Amerika, sebab, penggunaan produk-produk tersebut dianggap memberikan keuntungan kepada kaum Yahudi Israel.
“Keuntungan dari penjualan produk Amerika, digunakan untuk persenjataan tentara Israel, dosa besar apabila kita (Indonesia) masih menggunakan produk-produk itu,” katanya.
Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat lebih peduli terhadap penderitaan warga Palestina, karena para korban terutama anak-anak, hingga kini masih mengalami penderitaan sebagai bagian dari perjuangan membela Islam.
“Tidak akan ada yang menang melawan Islam,” katanya dihadapan massa AMM Bantul yang membawa spanduk bertuliskan ‘Israel : Biadab’, serta ‘Tolak Penggunaan Produk Amerika’.
Sementara itu, Koordinator aksi, Wiranthi Prastomo mengatakan, selain memboikot produk Amerika, demonstran juga menyampaikan sejumlah aspirasi di antaranya mendesak pemerintah untuk bertindak dalam upaya perdamaian di Palestina.
Kemudian juga mengimbau masyarakat untuk menggelorakan semangat anti Zionis Israel, serta mengulurkan bantuan untuk rakyat Palestina.
“Aksi tidak hanya berhenti di sini, melainkan akan terus dilanjutkan hingga terwujud perdamaian di Palestina,” katanya.
Selain aksi turun ke jalan, demonstran juga menyebar pamflet dan menggalang dana di masjid seluruh ranting Muhammadiyah juga sekolah Muhammadiyah se- Bantul hingga 20 Juli nanti, kemudian dana yang terkumpul akan disumbangkan untuk mengurangi beban korban Palestina.
Unjuk rasa mengecam serangan Israel ke Gaza tersebut melibatkan beberapa pihak seperti Pemuda Muhammadiyah (PM) Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TS), dan Hizbul Wathan (HW). [sp.ar]