Anwar Ibrahim dan Muhammadiyah Bicara Peradaban Islam

Dr. Anwar Ibrahim berceramah didampingi
ketua PWM Jabar dan M. Habib Chirzin
Pada hari Kamis 26 Juni 2014 Dato Seri Anwar bin Ibrahim bersilaturahim bersama pimpinan PWM Jawa Barat. Acara ini diadakan oleh Majelis Hikmah dan Kebijakan Publik PWM Jabar. Selain pimpinan PWM, acara ini pun dihadiri civitas Muhammadiyah lainnya seperti utusan PDM, AUM dan Ortom. 
Tokoh oposisi Malaysia ini berceramah dan berdiskusi mengenai Peradaban Islam di Asia Tenggara. Hal yang dibahas yaitu isu-isu keilmuan, politik dan ekonomi Malaysia dan Indonesia. Dr. Anwar Ibrahim menekankan pentingnya tradisi ilmu dalam membangun sebuah peradaban. Selain itu, good governance dan stabilitas perekonomian menjadi penopang peradaban Islam. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan para peserta dijawab oleh beliau dengan baik.
Setelah Dr. Anwar Ibrahim meninggalkan majelis, diskusi dilanjutkan dengan pemateri M. Habib Chirzin. Beliau menyarankan agar bulan Ramadhan dijadikan momentum untuk gerakan anti korupsi. Hal ini dalam rangka memberantas budaya korupsi di negara ini. Selain itu, beliau pun menceritakan bagaimana Muhammadiyah menjadi tempat belajar bagi negara tetangga. Negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Kamboja dll. menjadikan Muhammadiyah sebagai model untuk membangun civil society di negaranya.