Sophia Latjuba Menjadi Muallaf Setelah Membaca Buku Ini

Sophia Muller atau yang akrab dikenal Sophia Latjuba telah menyatakan diri sebagai mualaf. Spekulasi banyak bermunculan tentang alasan Sophia pindah agama. Kepindahan Sophia Latjuba dikaitkan dengan sebuah buku yang pernah diunggahnya di akun twitter, Sabtu (26/4/2014). Buku apakah?
Sebelum ramai dibicarakan media, Sophia mengunggah gambar sebuah buku dengan sampul berjudul Destiny Disrupted: A History of the World Through Islamic Eyes, karya Tamim Ansary. Buku ini sebenarnya telah muncul versi Indonesia yang berjudul Dari Puncak Bagdad; Sejarah Dunia Versi Islam.
Buku ini sebenarnya sudah populer di kalangan aktifis masjid atau mahasiswa. Buku ini menjelaskan sejarah dunia yang diceritakan dengan sudut pandang peradaban Islam khususnya Arab.
Pengarangnya, Tamim Ansary, memiliki latar belakang yang menarik. Seorang keturunan Afghanistan ini melnajutkan studinya ke AS untuk mendapat beasiswa pada saat merampungkan sekolah menengah atasnya di Kabul.
Dia melanjutkan pendidikannya ke Reed College, sebuah kampus privat yang mahal.
Reed College adalah kampus Steve Jobe, pendiri Apple yang akhirnya putus kuliah karena tak sanggup bayar biaya kuliah.
Ansary telah menulis beberapa buku kontemporer yang membahas secara mendalam konflik-konflik di Afghanistan.
Ansary juga pernah menulis sebuah novel, The Widow’s Husband, yang menggambarkan invasi Inggris terhadap Afganistan pada abad 19, baik dari perspektif Afganistan maupun Inggris. [sp/solopos]