HW Banjarnegara Adakan JAMPANAL

Banjarnegara – Kwartir Daerah Hizbul Wathan Banjarnegara telah usai melaksanakan Jambore Pandu Pengenal (JAMPANAL) 1 tahun 2014 ditandai dengan upacara penutupan yang berlangsung hari ini (28/04). Jampanal kali ini adalah yang pertama yang dilaksanakan oleh Kwarda HW Banjarnegara. Acara berlangsung empat hari, dimulai pada hari Jumat 25 April 2014 sampai dengan hari Senin 28 April 2014. Bertempat di lapangan Kelurahan Argasoka Kabupaten Banjarnegara. Peserta Jambore di bagi menjadi dua, yaitu peserta tingkat SMP/MTs dan tingkat SD/MI, dengan jumlah peserta lebih kurang 237 peserta.
Kegiatan Jampanal 2014 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan silaturahmi antar pandu HW se Daerah Banjarnegara, sebagai sarana peningkatan prestasi pandu, penggalian potensi diri di kalangan Pandu tingkat pengenal dalam rangka aktualisasi pencerdasan, pencerahan, dan pemberdayaan masyarakat serta Sebagai wujud nyata peran serta Hizbul Wathan dalam penguatan kaderisasi Muhammadiyah, umat, bangsa, dan Negara, baik kualitas maupun kuantitas.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut, dilaksanakan berbagai macam kegiatan, diantaranya ; Lomba Cerdas Cermat, Pildacil, Pengenalan Teknologi Informasi, PBB, Hasta Karya, MTQ, Bakti Sosial, Tadabbur alam dan lain sebagainya.
Ketua Kwarda HW Banjarnegara, Teguh Puji Raharjo mengungkapkan ada beberapa kendala yang harus dihadapi pada kali pertama pelaksanaan Jampanal tahun 2014. Antara lain adalah jumlah peserta yang kurang maksimal. “Harapan kami, acara Jampanal ini bisa kami laksanakan setiap tahun, walaupun pada pelaksanaan pertama ini jumlah peserta yang hadir belum begitu banyak namun secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar, dan tahun depan semoga bisa lebih baik lagi. Semoga dengan dilaksanakannya Jampanal ini dapat melahirkan generasi muda penerus perjuangan Muhammadiyah dan Bangsa” kata Teguh.[sp/banjarnegara.muh]