Warga Muhammadiyah Harus Cerdas Berpolitik

Sebagai warga Negara, segenap kader, simpatisan maupun warga Muhammadiyah secara umum, diharapkan dapat bersikap cerdas di dalam menghadapi berbagai agenda politik pada tahun 2014 ini. Adanya pesta demokrasi 9 April mendatang yang akan memilih calon legislative dan 9 Juli yang akan memilih presiden dan wakil presiden, warga Muhammadiyah dihimbau untuk menggunakan hak pilihnya dan tidak bersikap golput.
Demikian ditegaskan oleh Ketua PDM Kota Pekalongan HM. Hasan Bisysri ketika membuka  Musyawarah Pimpinan Daerah bertempat di Gedung Panti Asuhan Yatim Komplek Masjid Darul Iman Jl. Dr. Wahidin Noyontaan Pekalongan belum lama ini.
“Semua komponen bangsa mengambil peran aktif di dalam menyongsong pemilu 2014. Jika kita golput, maka kita tidak mempunyai wakil di parlemen, baik di tingkat pusat, provinsi maupun Kota Pekalongan,” ujarnya seraya menambahkan jika Keputusan PDM ini masih bersifat umum dan menjelang hari H pemilu, nama-nama caleg yang akan didukung oleh Muhammadiyah akan segera diumumkan.
Jika Muhammadiyah tidak mengambil peran aktif, imbuhnya, maka organisasi ini akan tertinggal dan ditinggalkan di dalam pengambilan keputusan strategis menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Muhammadiyah memang menjaga jarak yang sama terhadap partai politik, akan tetapi kita membebaskan seluruh warga untuk memilih berdasarkan aspirasinya masing-masing,” kata dia.
Sementara itu, Sekretaris PWM Jawa Tengah Drs. Tafsir MAg dalam pengantarnya menandaskan jika usia Muhammadiyah yang lebih tua disbandingkan negara ini, merupakan salah satu bukti jika organisasi ini lebih dewasa di dalam menjalankan roda organisasi termasuk menghadapi berbagai dinamika permasalahan bangsa dan negara. “Kita pernah mengalami masa sulit, seperti pendudukan Belanda, Jepang dan masa kemerdekaan. Selain itu, masa revolusi, berbagai pemberontakan, hingga kekuasaan orde baru. Semua itu dilalui Muhammadiyah dengan baik,” ujarnya.
Kegiatan Musypimda merupakan sarana evaluasi internal atas berbagai kegiatan dalam satu tahun terakhir dan sampai sejauhmana target dan capaian kinerja secara umum pada tahun ketiga periode Muktamar, yang dihadiri oleh seluruh pleno PDM, para ketua dan sekretaris majelis serta lembaga di lingkungan PDM, pengurus PCM, PRM, kalangan amal usaha.
(tubagus ms/muhpekalongan)