Kriteria Caleg yang Direkomendasikan oleh MUI Pusat

Jakarta  – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan “tausiyah kebangsaan” menghadapi Pemilu Legislatif 9 April mendatang. Ada lima poin yang disampaikan MUI untuk terselanggaranya Pemilu yang baik, berkualitas, bermartabat, dan mencerminkan kepentingan bersama seluruh bangsa Indonesia dan terpilihnya wakil rakyat terbaik.
Di antara lima poin itu, MUI dengan tegas memberikan tausiyah kepada rakyat, warga negara pemilih supaya menggunakan hak pilih mereka dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu MUI menyarankan supaya pemilih menggunakan kalbu (istafti qalbak), calon anggota legislatif termasuk DPD.
Lalu seperti apa kritera Caleg yang direkomendasikan MUI?. “Beriman, bertakwa, jujur (siddiq), terpercaya (amanah), aktif dan aspiratif (tabligh) dan mempunyai kemampuan (fathonah), berakhlakul karimah dan memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi,” kata MUI sperti dibacakan Wakil Sekjen Natsir Zubaidi saat konferensi pers di Kantor MUI Pusat, Rabu (19/3/2014).
MUI menyampaikan kritera secara gobal dan tidak menunjuk orang per orang atau bahkan parpol tertentu. Bahkan, Ketua Umum MUI Din Syamsuddin menegaskan, pihaknya, secara kelembagaan juga tidak memberikan dukungan resmi terhadap pengurus harian MUI yang maju menjadi Caleg dari beragam parpol.
“MUI secara kelembagaan tidak memberikan dukungan, apalagi bersifat politik, baik formal maupun tidak formal seperti memberi rekomendasi, membolehkan sarana prasara MUI untuk kampanye, saya bisa pastikan tidak ada,” kata Din kata Din menambahkan saat ditanya soal dukungan MUI untuk pengurusnya yang menjadi Caleg.
Din menjelaskan saat ini ada beberapa Wakil Sekjen MUI yang maju menjadi Caleg dari tiga partai yang berbeda. Sementara dari pengurus MUI di komisi-komisi, ia mengaku belum mendapat laporan. MUI, kata Din, hanya memberikan dukungan secara moril.
“Kalau dukungan moril mungkin ada, minimal doa. Semoga anda selamat, sehat wal afiat, Semoga selamat, sampai tujuan. Ditambahkan juga semoga sukses,” tambahnya. [sp/suara-islam]