Lembaga Halal Eropa Bantah Pemberitaan Bohong Tempo

Pemberitaan Majalah Tempo soal sertifikat produk halal mendapat respon dari Eropa. Berita yang condong menyudutkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu dianggap tidak benar.
Halal Food Council of Europe (HFCE) dalam surat resminya tertanggal 24 Februari 2014, mengatakan laporan Majalah Tempo tidak benar sama sekali. HFCE ini bermarkas di Brussel Belgia. Surat ditujukan kepada Ketum MUI.
Diberitakan Waspada, Rabu (26/2/2014), pada poin pertama HFCE menjelaskan siapa Mr Zeshan Sadek. Dalam berita Tempo dikatakan Zeshan sebagai Ketua HFCE. Hal itu tidak benar, dia hanya Direktur HFCE.
HFCE juga membantah pemberitaan Majalah Tempo bahwa Ketua MUI Amidhan di dalam Advisory Board HFCE. Pihak HFCE mengakui kalau Amidhan sering memberi nasihat soal produk halal.
Majalah Tempo yang menyebutkan Amidhan dapat bayaran dari Eropa juga dibantah HFCE ini. Amidhan memang memberi masukan, kata HFCE dalam surat itu, tapi tanpa bayaran atau sukarela.
HFCE menganggap laporan Majalah Tempo itu sengaja untuk menjatuhkan martabat Amidhan sebagai ketua MUI dan HFCE sendiri.
Surat Halal Food Council of Europe (HFCE)
Yang Terhormat KH Sahal Mahfudz,
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia
Assalamu’alaikum Wr.Wb.,
Bagi pihak HFCE saya ingin menarik perhatian Yth mengenai laporan Tempo mengenai HFCE.
Pertama nya laporan mengenai Mr Zeshan Sadek sebagai Ketua HFCE adalah tidak benar sekali. Beliau hanya memegang jawatan sebagai DIRECTOR HFCE. Sila dimaklumkan bahwa Prof. Dr. Hj. Mohamed Sadek masih lagi memegang jawatan sebagai CHAIRMAN and jawatan ini beliau memegang sejak permulaan HFCE pada tahun 2010 sampai saat ini.
Kedua, mengenai peranan Bapak Dr Amidhan di dalam Advisory Board HFCE. Laporan ini adalah tidak benar sekali walaupun nasihat Dr Amidhan terhadap soalan soalan halal banyak diberikan dan jasa baik Bapak Dr Amidhan sangat dihargai oleh HFCE.
Akhirnya tuduhan mengenai bayaran terhadap Bapak Dr Amidhan amatlah mengejutkan. Kenyataan ini tidak ada asas dan segala nasihat dan bimbingan dari Bapak Dr Amidhan untuk HFCE adalah atas dasar voluntari.
HFCE harap Yth dapat memberi perhatian terhadap laporan TEMPO terhadap HFCE adalah berdasarkan kepada faktur untuk menjatuhkan nama baik HFCE dan juga Bapak Dr Amidhan dari setengah pihak yang tidak bertanggung jawab.
Wassalam,
Rohana Mohamad
Administrative Officer
Sumber: hidayatullah-kiblatnet-tabligh.or.id