Rumah Baca Taqwa, Pustaka Model Jejaring Muhammadiyah Sumut

Medan – Ketua Koordinator Forum Alumni IPM Sumetara Utara Zulfikri Bustami didampingi beberapa alumni, seperti Ibrahim Sakti Batubata, Adrizal, Sastrawati, Diani Syafitri, Hairani Lubis, Yerni Sriandi menyerahkan infaq buku kepada Manajemen Rumah Baca Taqwa, Jln Letda Sujono, Medan. Penyerahan itu dilakukan serangkaian dengan pertemuan Forum Alumni IPM Sumut, Ahad (12/1) di rumah baca taqwa itu.
Penyerahan infaq buku ini merupakan penyerahan yang kedua kali dilakukan oleh Forum Alumni IPM Sumut. Diharapkan dengan support, donasi buku yang diberikan maka inventarisasi buku di rumah baca ini akan lebih lengkap.
Rumahbacataqwa – Medan adalah Pustaka Model Jejaring Muhammadiyah Sumatera Utara yang dikekola oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Sumatera Utara. MPI Sumut merencanakan mengembangkan 1000 Pustaka Muhammadiyah di Sumatera. “Tentu saja, program ini akan bekerjasama dengan semua MPI Pimpinan Muhammadiyah Daerah se-Sumetara Utara,”jelas Syaiful Hadi JL, Ketua MPI PWM Sumut.
Dijelaskan, ada empat model perpustakaan Muhammadiyah. Pertama, Pustaka Masjd Taqwa. Diharapkan semua Masjid Taqwa Muhammadiyah yang dikelola ranting dapat membuka dan mengembangkan pustaka masjid. Kedua, Pustaka amal usaha. Ini adalah pustaka yang ada di AUM Muhammadiyah ( PTM, Sekolah, Rumah Sakit, dlsb)., Ketiga Pustaka Persyarikatan. Ini adalah Pustaka yang berlokasi di Kantor Wilayah, Daerah dan Cabang. Keempat adalah Pustaka Mandiri. Ini adalah Pustaka milik warga Muhammadiyah yang kemudian didedikasikan untuk umum. Pustaka ini dikembangkan dalam jejaring Muhammadiyah dan diberni lebel : rumah baca taqwa. “Sehingga seluruh Pustaka Mandiri ini di seluruh Sumatera nantinya akan diberi nama Rumah Baca Taqwa,” sebut Syaiful Hadi.
Untuk mengembangkan 1000 Pustaka Muhammadiyah ini, maka Majelis Pustaka dan Informasi akan melakukan kerjasama program dengan MPI PDM se-Sumut, Majelis Dikdasmen PDM Se- Sumut dan PW IPM Sumut untuk pengembangan Relawan Pustaka. Relawan Pustaka adalah mereka yang mededikasikan kerjanya untuk mengembangkan Pustaka Muhammadiyah.
Diharapkan, setiap Pustaka Muhammadiyah, akan dikawal oleh dua Relawan Pustaka, ya anak-anak IPM tadi, tambah Ketua MPI itu. Kepada Alumni IPM Sumut, Manajemen RumahBacaTaqwa menyampaikan ucapan terima kasih. Disampaikan, bila ingin menginfaqkan buku, mohon dapat memprioritaskan buku-buku bertema ke-Muhammadiyah-an guna memperkaya materi tersebut di rumah baca taqwa.
Khusus untuk Rumah Baca Taqwa di Jln Letda Sujono, Medan, sudah dilengkapi dengan akses Wifi sehingga memudahkan bagi pengungjung untuk mengakses internet, bila diperluka. Rumah Baca Taqwa ini juga memiliki website : rumahbacataqwa.com yang difasilitasi oleh Telkom. | MPI-SU|