Semarak ‘Idul Adha Muhammadiyah Cabang Blimbing

Sukoharjo- Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Muhammadiyah Tri Ranting (Sayangan, Blimbing dan Kauman) Cabang Blimbing Kabupaten Sukoharjo menggelar Sholat ‘Idul Adha bersamaan dengan Keputusan PP Muhammadiyah dan Pemerintah RI pada Selasa, 15 Oktober 2013. Sholat ‘Id yang bertempat di lapangan Desa Wonorejo ini dimulai pukul 06.00 WIB dengan imam dan khotib Ustadz Ahmad Syaiful Haq, S.Pd.I, salah satu pengurus Majelis Tarjih dan Tajdid PC Muhammadiyah Blimbing. Dalam khutbahnya setelah sholai ‘id, khotib mengajak kepada ribuan jamaah yang hadir di lapangan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dengan meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim ‘alaihis salam.Selain itu, ustadz muda alumni diploma LIPIA Jakarta ini juga mengingatkan kepada kita tentang pembantaian umat Islam yang terjadi di beberapa belahan dunia Islam seperti Suriah, Mesir dan Palestina.
“Kalau hari ini kita akan berkurban dengan sapi dan kambing, maka Basyar Al Asad di Suriah sana juga sedang berkurban. Namun yang dia kurbankan bukanlah kambing, sapi ataupun unta, melainkan nyawa kaum muslimin ahlus sunnah waljamaah yang menentang kedzaliman pemerintahan Nushairiyah di Suriah,” kisahnya. Karenanya, Ustadz Syaiful mengingatkan kaum muslimin untuk dapat membantu saudara kita di belahan dunia muslim tersebut semampunya.
Selain oleh PHBI Tri Ranting, PHBI Muhammadiyah Ranting Wonorejo juga mengadakan sholad ‘Id di Masjid Agung Imam Syuhodo Wonorejo. Bertindak sebagai imam dan khotib Ustadz Imam Syuhodo, LC alumni Universitas Al Azhar Mesir yang juga pengajar di Pondok Pesantren Muhammadiyah Imam Syuhodo. Dalam khutbahnya Ustadz Imam mengingatkan para jamaah agar meneladani perilaku Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dengan memakmurkan negeri kita Indonesia agar menjadi negara yang baldatun tayyibatu warabbun ghafur. Salah satunya dengan menghindari praktik suap menyuap yang sekarang sedang marak di negara kita seperti jamur di musim penghujan.
Setelah khutbah berakhir, PHBI di beberapa ranting se-Cabang Blimbing melanjutkan dengan penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban. Diantaranya oleh Ranting Blimbing-Kauman 27 ekor sapi, 40 ekor kambing, Ranting Sayangan 16 ekor sapi, 48 ekor kambing,Ranting Wonorejo 18 ekor sapi, 59 ekor kambing, Ranting Pandak 5 ekor sapi, 4 ekor kambing, Ranting Tanjung 12 ekor sapi, 20 ekorkambing, Ranting Jetis-Bancakan 40 ekor kambing, 6 ekor sapi. Hewan qurban yang disembelih di Cabang Blimbing tersebut selain didistribusikan ke jamaah di masing-masing ranting, sebagian diantaranya juga disalurkan ke beberapa ranting di Kecamatan Polokarto dan sekitarnya yang masih kekurangan hewan qurban baik dalam bentuk daging maupun hewan yang belum disembelih. Hal ini dilakukan agar distribusi hewan qurban dapat merata. (Ahmad Nasri)