Din Syamsuddin Diterima Paus Fransisco di Vatikan

ITALIA-Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Din Syamsuddin, Senin (30/9) diterima Paus Fransisco di Vatikan, Italia. Pada audiensi para tokoh berbagai agama bersama Paus Fransisco tersebut dibicarakan isu Courage to Hope atau keberanian menuju harapan.

Pada kesempatan itu bersalaman dengan Paus Fransisco, Din sempat mengenalkan Muhammadiyah kepada Paus yang baru bertakhta ini.

“Kalau dengan Paus Benediktus XVI perjumpaan telah berlangsung sebanyak empat kali. Namun bersama Paus Fransisco ini, kami baru pertama kali bersalaman. Paus Fransisco sendiri dikenal punya keperdulian terhadap kaum papa,”ujar Din.

Din mengharapkan, di bawah Paus Fransisco hubungan Gereja Katholik dengan Dunia Islam semakin harmonis dan bekerja sama terutama untuk menanggulangi masalah-masalah kemanusiaan. Sebelumnya Din pernah ikut pada The First Catholic- Muslim Forum di Vatikan 2010, dan International Prayer for Peace di Assisi 2012.

Din Syamsuddin sendiri berada di Roma dalam rangka menghadiri sebagai pembicara pada Annual Conference of Communita di Sant’ Egidio, Ormas awam Katholik yang berpusat di Italia, 29 September sampai dengan 1 Oktober mendatang. Pada konferensi itu Din Syamsuddin diminta berbicara tentang The Roles of Religions in the Globalized Asia. Sekedar diketahui, Konferensi ini diikuti 300-an tokoh berbagai agama dari seluruh dunia, dan dibuka PM Italia Enrico Letta. (mst)

www.muhammadiyah.or.id