Perluasan PKU Muhammadiyah Delanggu

Klaten– Saat ini apabila Anda berkunjung ke RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, Klaten , melalui halaman belakang akan terlihat aktivitas penimbunan lahan di belakang bangsal AR. Fahrudin sampai Ahmad Dahlan, terlihat pula pembuatan tanggul,  memanjang dari selatan ke utara. Inilah persiapan pembangunan fasilitas baru yang ditargetkan akan dimulai pertengahan Agustus mendatang. Persiapan bahkan telah dilakukan jauh sebelumnya dengan pembentukan Tim Redisain RS yang mengkaji berbagai aspek seperti regulasi pemerintah tentang perijinan, standart mutu pelayanan, sistem jaminan kesehatan nasional serta potensi sumber daya yang dimiliki RSU PKU Muhammadiyah Delanggu sebagai acuan pengembangan di masa mendatang. Maka ditentukanlah  pengembangan beberapa fasilitas yang telah ada dan penambahan fasilitas baru.

Adapun pengembangan fasilitas yang dipilih adalah Ruang Operasi  dikembangkan menjadi Instalasi Bedah Sentral, ICU dilengkapi PICU, NICU, untuk anak dan bayi. Penambahan Poliklinik untuk kenyamanan pengunjung rawat jalan yang semakin meningkat, serta Ruang Rawat Inap akan dibangun ruang VVIP, VIP, Kelas I, II, III. Sedangkan penambahan fasilitas layanan baru yaitu, Instalasi Sterilisasi untuk meningkatkan mutu layanan medis dan Hemodialisa untuk mendukung sistem jaminan kesehatan nasional yang menjamin pasien berpenyakit berat seperti pasien yang perlu menjalani hemodialisa. Dengan semakin besarnya RSU PKU Muhammadiyah Delanggu, Instalasi Sterilisasi (CSSD- Centrall Sterile Supply Departement ) diperlukan untuk peningkatkan mutu dalam hal pengendalian infeksi. Dengan adanya unit khusus yang mengurus suplai peralatan bersih dan steril yang digunakan di semua unit di rumah sakit, proses sterilisasi akan tersentral sehingga lebih efisien dan hasil sterilisasi dengan kualitas tinggi secara terus menerus lebih mudah terjaga dari pada dilakukan oleh masing – masing unit pengguna. Dengan demikian personil di unit layanan akan lebih fokus pada penanganan pasien.      

Bangunan baru tersebut berupa dua unit gedung, masing – masing  berlantai tiga dan dua. yang diperkirakan akan menambah luas bangunan sebesar  6.800 m² serta  kapasitas tempat tidur sejumlah 100 unit. Seiring pembangunan fisik berjalan, persiapan SDM pun telah dilakukan dengan penambahan personil Tim Bedah, mengirim perawat untuk pelatihan keperawatan di unit Hemodialisa. Akhirnya kepada seluruh pembaca Tabloid Hijrah, RSU PKU Muhammadiyah Delanggu mohon do’a restu untuk kelancaran pembangunan fasilitas tersebut, semoga Allah, SWT meridhoi dan menjadi berkah bagi masyarakat luas. Amin !
www.pcmdelanggu.org