Persatuan Muhammadiyah Thailand Terbentuk

Yala Thailand Selatan, rumah kediaman ustazd Hasan
tempat pembentukan Persatuan Muhammadiyah Thailand
Pada hari Jumat 1 Mei 2009 silam, bertepatan dengan 05 bulan Jumadil Awal 1430 H Persatuan Muhammadiyah Thailand terbentuk. Terbentuk nya kepengurusan Muhammadiyah di Thailand ini tak lepas dari upaya keras Ustadz Abdul Wahab dari Kulim Kedah beserta rekan-rekan  dari Malaysia yang tergabung dalam Muhammadiyah Internasional.
Dalam draf  anggaran dasar yang sempat di bahas pada hari itu  Persatuan Muhammadiyah Thailand hanya mencakup wilayah sekitar 5 provinsi saja, yaitu wilayah di sekitar Selatan Thailand, seperti Yala, Narathiwat, Shongkla dan Pattani Ustazd Yusuf salah seorang dari 21 orang penggagas pembentukan Muhammadiyah di Thailand ini menyebutkan pihak obotho yaitu pengusaha daerah lima kawasan Selatan Thai merespon positif keberadaan Muhammadiyah, terutama lambang Muhammadiyah sudah dikenal luas di kalangan penguasa dan asykar-asykar yang sering mendatangi rumah kediaman beliau. Bahwa Muhammdiyah adalah organisasi Islam yang tidak membahayakan.
Dan ke 21 orang penggagas itu tadi di bulan April 2009 yang lalu selama sembilan hari mengadakan pelatihan di PP Muhammadiyah di Jogjakarta.
Saat Ketua  Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Din Syamsudin bertemu Mantan Perdana Menteri Thailand Samak Sundaravey, Muhammadiyah pun telah dialokasikan sebidang tanah yang cukup luas di daerah Yala, dan untuk sementara di daerah  inilah sekretariat Persatuan Muhammadiyah Thailand berada.
Imbalo Iman (Batam Indonesia), Mahali (PCIM Kuala Lumpur),
ustazd Abdul Wahab (Malaysia), Juhardi Harahap (PCIM KL), Ali Amran (PCIM KL) dan Haji Syarif (Malaysia)

Pidato Sambutan Pimpinan Muhammadiyah Internasional
Dalam rangka pembentukan Pengurus Muhammadiyah Thailand di Yala pada 01 May 2009

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Alhamdulilah wa sallamu ala Rasulihilkarim.
Memulakan cerama ini mari kita hadiahkan sebuah senyuman kepada saya dan saya begitu juga.  Saya ucapkan tahniyah atas perhimpunan pembentukan Muhammadiyah Thailand hari ini.
Bapak – Bapak dan Saudara – Saudara saya juga gembira menjadi rakan kongsi muslimin dan muslimat Thailand Darussalam ini, keberhasilan ikhwan dan akhwat cukup lumayan ketimbang minoritas dalam negara sendiri.
Orientasi Program Muhammadiyah Thailand ini harus lah mencapai program kerja keras, karena kita telah tertinggal begitu jauh di belakang aktivitas – aktivitas di Negara – Negara sebelah kita.
Garis-garis kasar program kerja :
1. PEMANTAPAN ORGANISASI.
2. AMAL USAHA YANG BERWAWASAN, VISI DAN MISI.
3. MANTAPKAN AKTIVITI DAKWAH NON MUSLIM.
Saya sarankan projek harian, Mingguan, Bulanan, & Tahunan
1. Projek Sungai Mekong.
2. Satu Projek di utara untuk satu Ampur.
3. Bentuk Mentality Berdikari.
4. Bentuk Rangkaian Muhajirin.
Projek 10 tahun Muhammdiyah Internasional:
1. Setiap Negara sebuah Islamic center (Thailand, Miyanmar, Laos, Kambodia & Vietnam.
2. Pembentukan NGO Muhammadiyah di setiap Negara.
Wassalam.
Ustazd Abdul Wahab

sumber: http://imbalo.wordpress.com