Perjuangan Berdirinya Ponpes Modern Muhammadiyah Pakusari

Para Laskar Pelangi InsyaAllah lahir kembali disini, 4 menara InsyaAllah akan muncul di tempat ini, Ponpes Modern Muhammadiyah Pakusari, akan hadir menjawab tantangan zaman. InsyaAllah. Ponpes ini beralamat di Jl. PB Sudirman No. 28 RT.11 RW.001 Dusun Krajan Desa Kertosari Kec. Pakusari Kab. Jember.
Awal berdirinya ponpes ini adalah saat pengajian PRM Mayang di bawah PCM Pakusari mendiskusikan karena ada Ponpes yg akan dijual oleh pemiliknya, awal pemikiran kami (di PRM Mayang dan PCM Pakusari) adalah “menyelamatkan” Ponpes dan Masjid yg berdiri diatas tanah Ponpes yg sdh tidak terurus, dengan berjalannya waktu akhirnya ponpes dibeli oleh warga Muhammadiyah Pakusari, tanahnya sudah diwaqafkan atas nama PP Muhammadiyah (bisa dicek di PP), bahkan 3 bulan setelahnya kami membeli lagi tanah seluas 1000m2 yang besebelahan langsung dengan Ponpes untuk pengembangan kedepannya, akhirnya dua lahan itu terbeli, walaupun hingga kini masih berhutang ke personal anggota persyarikatan yg harus “menggadaikan asetnya”, secara bertahap kami kumpulkan donatur setiap bulannya untuk menebusnya. 
Saat ini Ponpes sudah beraktivitas, sejak dimulainya tahun ajaran baru sebulan sebelum Ramadhan 1434 H, saat ini baru ada 4 (empat) santri (laki), tiga seusia SMP (lulusan SD), satu seusia SMA (lulusan SMP), semua santri berdiam diri di ponpes, aktivitas belajar mengajar sdh berjalan efektif hingga hari ini. Profil ke-empat santri itu adalah kaum duafa, sehingga mereka kami gratiskan untuk nyantri di Ponpes: dua diantaranya adalah anak Yatim, asalkan mereka (santri) tetap mau belajar, sabar dan Istiqomah, tentu akan tetap akan kami carikan orang tua asuh.
Abdul Khamil