Peduli Kemanusian Muhammadiyah Untuk Gunung Sinabung

Setelah 3 tahun berlalu, gunung Sinabung kembali meletus pada hari Minggu dinihari ( 15/09/2013 ) dan dilanjutkan dengan letusan yang lebih besar 2 (dua) hari kemudian tepatnya hari Selasa lebih kurang pukul 12.00. Letusan kedua ini memuntahkan abu diperkirakan sampai 6 km ke atas.Kembalinya letusan gunung Sinabung ini kembali membuat masyarakat dievakuasi ke daerah aman untuk menghindari abu vulkanik yang dihembuskan oleh gunung Sinabung.. Sampai saat ini desa yang harus dievakuasi adalah daerah dalam radius 3 km dari gunung Sinabung yang meliputi 6 desa. Desa-desa tersebut ; desa Suka Meriah, desa Simacem, desa Bekerah, desa Namanteran, desa Sukanalu dan desa Sigarang-garang.

Letusan kedua ini semakin menambah jumlah pengungsian dari jumlah desa yang mengungsi.Ada 16 titik pengungsian yang disediakan dengan jumlah pengungsian yang telah mencapai 14ribu orang.

Menyikapi hal ini, PD Muhammadiyah Kabupaten Karo membentuk Tim Koordinator Peduli Kemanusiaan Muhammadiyah Kab.Karo untuk gunung Sinabung yang langsung dipimpin oleh Ketua PD Muhammadiyah kab.Karo Drs.H.Erwin Tanjung.. Tim ini bertugas memberikan pendampingan kepada p[ara pengungsi khususnya ummat Islam.

Selain memberikan bantuan logistik,a da tiga hal yang menjadi titik fokus pendampingan ini yang tentunya tidak kalah dengan bantuan logistik,yaitu :

Pertama, Pembinaan mental dan spritual. Hal ini dilakukan dengan menurunkan para dai-dai Muhammadiyah yang bertugas setiap hari pada p[osko-posko yang ada ummat Islamnya.

Kedua , Memberikan pendampingan pendidikan dengan cara menyediakan fasilitas sekolah Muhammadiyah untuk menampung anak-anak yang berada di dalam pengungsian sesuai dengan tingkat pendidikan mereka. Semua ini akan ditampung di TK, SD,SMP dan SMA Muhammadiyah.

Ketiga,Pembinaan anak-anak pengungsian dengan berbagai kegiatan untuk penguatan mental mereka. Pembinaan ini ini dengan melibatkan guru-guru TK ABA Kabanjahe, angkatan Muda Muhammadiyah dan ortom Aisyiyah..

Kegiatan Peduli Kemanusiaan Muhammadiyah Kab.Karo juga bekerja sama dengan ormas / lembaga yang memiliki kepedulian yang sama dengan Muhammadiyah agar ummat Islam yang turut mengalami musibah ini dapat secara bersama-sama untuk memberikan perhatian kepada mereka. Insya Allah apa yang diberikan dapat memberikan semangat kepada mereka dan musibah ini segera cepat kembali.

 
Ketua PDM Karo dan Nirwan ( Mewakili Rektor UMSU Medan Berbincang-bincang dengan PC Muhammadiyah Namanteran yang ikut mengungsi didampingi oleh Mapala UMSU di Jambaur Sempakata
Menyerahkan Bantuan dari Keluarga Besar Muhammadiyah
Berbincang-bincang dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional Amarullah Fiddin
 
Tim Muhammadiyah Menyerahkan Bantuan ke Jambur Desa Payung Kec.Payung 4 Km dari Gunung Sinabung
 
Koordinasi Untuk Program Pendampingan
 

http://karo.muhammadiyah.or.id