Ragam Formasi Shalat Qiyamullail 11 Raka’at

Pendahuluan
Shalat sunnah adalah shalat yang dituntunkan Rasulullah saw untuk
dikerjakan sebagai tambahan (nafilah) pahala selain shalat wajib. Diantara
shalat sunah yang senantiasa ditunaikan Nabi saw adalah shalat dua raka’at
sebelum shalat shubuh dan shalat malam. Salah satu keistimewaan dua shalat
sunah ini adalah keduanya tetap ditunaikan Nabi saw meskipun dalam posisi safar
atau perjalanan. Diriwayatkan Nabi saw tetap menunaikan shalat sunah qabla
shalat shubuh meskipun waktu shalat shubuh sudah melampui waktunya. Nabi pun
tetap menunaikan shalat malam meskipun dalam suasana genting upaya perdamaian
Hudaibiyah.
Pada bulan ramadlan shalat malam ini pun termasuk yang sangat dianjurkan
Nabi saw untuk ditunaikan. Karena itu kiranya dipahami mengapa Himpunan Putusan
Tarjih (HPT) memasukan shalat malam di bulan ramadlan sebagai amalan utama  (2009:). Hal ini, antara lain,  didasarkan pada hadis Nabi saw sebagai
berikut:
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قاَلَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فيِ قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ
يَأْمُرَهُمْ فِيْهِ بِعَزِيْمَةٍ فَيَقُوْلُ
مَنْ
قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَاناً وَاْحتِسَاباً غُفِرَ لَهُ
مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
(رَوَاهُ الشَّيْخَانِ)
Artinya:Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata:Rasullllah saw
menganjurkan para shahabat untuk menunaikan shalat qiyam
u ramadlan tanpa menghukuminya wajib
kemudian
Beliau
menegaskan:”
Siapa yang menunaikan shalat qiyami ramadlan dengan landasan iman dan mengharap pahala Allah niscaya dosa
masa lalunya diampuni (Hadis riwayat Bukhari Muslim)
Shalat qiyamu ramadlan didefinisikan Majelis Tarjih sebagai shalat
malam di bulan ramadlan yang batas waktunya antara pasca shalat isya hingga
fajar sebelum datang waktu shubuh (2011:32-33). Shalat qiyamu ramadlan
ini di luar ramadlan diistilahkan sebagai shalat tahajud, qiyamullail
dan witir (2003:91) dengan jumlah raka’at 11 raka’at. Jumlah 11 raka’at itu
dilaksanakan, antara lain, dengan dengan formasi 4-4-3 serta 2-2-2-2-3. Formasi
pertama didasarkan pada hadis yang diriwayatkan Siti Aisyah dari Bukhari Muslim,
formasi kedua didasarkan pada hadis Ibnu Umar riwayat Ashabus sunan (2009:186;
dan 2011:37-38) sedangkan formasi ketiga. 2-2-2-2-2-1 didasarkan pada Hadis
Zaid bin Khalid al-Juhani riwayat Muslim (2010). Penyamaan Majelis Tarjih
terhadap shalat qiyamu ramadlan dengan tahajud, witir dan qiyamullail serta
penggunaan kata “antara lain” dalam buku Tuntunan membuka peluang untuk
dilaksanakannya formasi lain sebagaimana yang pernah dipraktekkan Nabi saw
selama hayatnya.
Formasi-formasi lain shalat qiyamu ramadlan Nabi saw
Diantara formasi lain yang belum disebutkan oleh Buku Tuntunan Ramadlan Majelis
Tarjih Muhammadiyah adalah sebagai berikut:
a.              Formasi 8-1-2:
عَنْ أَبِيْ سَلَمَةَ قَالَ سَأَلْتُ
عَائِشَةَ عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ
كَانَ يُصَلِّي ثَلاَثَ عَشَرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي ثَمَانَ رَكَعَاتٍ ثُمَّ يُوْتِرُ
ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ قَامَ
فَركَعَ ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ بَيْنَ النِّدَاءِ وَالْإِقَامَةِ مِنْ صَلاَةِ
الصُّبْحِ
Dari Abu Salamah dia berkata:”Saya
bertanya kepada Siti Aisyah tentang shalat (malam) Rasulullah saw. Siti Aisyah
menjawab,”Rasulullah saw menunaikan shalat 13 raka’at. Beliau tunaikan shalat
delapan raka’at kemudian etunaikan witir satu raka’at lalu Beliau shalat dua
raka’at sambil duduk saat hendak ruku’ Beliau berdiri kemudian ruku’. Setelah
itu Beliau tunaikan shalat (qabla shubuh) dua rakaat antara adzan dan iqamat
sebelum shalat shubuh (Hadis riwayat Muslim).
b.             Formasi 8-2-1
عَنْ
سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ بِإِسْنَادِهِ نَحْوَهُ قَالَ : يُصَلِّى ثَمَانِ
رَكَعَاتٍ لاَ يَجْلِسُ فِيهِنَّ إِلاَّ عِنْدَ الثَّامِنَةِ فَيَجْلِسُ
فَيَذْكُرُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ ثُمَّ يَدْعُو ثُمَّ يُسَلِّمُ تَسْلِيمًا
يُسْمِعُنَا ثُمَّ يُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ بَعْدَ مَا يُسَلِّمُ
ثُمَّ يُصَلِّى رَكْعَةً فَتِلْكَ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يَا بُنَىَّ …(رواه أبو داود )
“Dari Said
dari Qatadah dengan sanad yang sama dia berkata: Nabi saw menunaikan shalat
delapan raka’at tidak duduk pada delapan rakaat itu kecuali pada yang kedelapan
kemudian Beliau duduk tasyahud lalu berdzikr kepada Allah dan berdoa tsyahud
lalu Beliau membaca salam yang nyaring kemudian Beliau shalat dua rakaat sambil
duduk setelah Beliau salam kemudian Beliau shalat satu raka’at. Itulah sebelas
raka’at anakku…”
(Sunan Abi Daud )
c.           Formasi 9-2
عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ قَالَ يَا أُمَّ المُؤُمِنِيْنَ أَنْبِئِيْنْيِ
عَنْ وِتْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ كُنَّا نُعِدُّ
لَهُ سِوَاكَهُ وَطَهُوْرَهُ فَيَبْعَثُهُ اللهُ لِمَا شَاءَ أَنْ يَبْعَثَهُ مِنَ
اللَّيْلِ فَيَتَسَوَّكُ وَيَتَوَضَّأُ ثُمَّ يُصَلِّيْ
ثَمَانَ رَكَعَاتٍ لَا يَجْلِسُ فِيْهِنَّ إِلاَّ عِنْدَ الثَّامِنَةِ فَيَجْلِسُ
وَيَذْكُرُ اللهَ وَيَدْعُو … ثُمَّ يَنْهَضُ وَلاَ يُسَلِّمُ ثُمَّ
يُصَلِّي التَّاسِعَةَ فَيَقْعُدُ فَيَحْمَدُ رَبَّهُ وَيُصَلِّيْ عَلَى نَبِيِّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ يُسَلِّمُ تَسْلِيْمًا فَيُسْمِعُنَا ثُمَّ
يُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ قَاعِدٌ فَتِلْكَ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يَا بُنَيَّ…(رواه مسلم)
Dari Sa’ad bin Hisyam dia berkata wahai Ummul Mu’minin beriakanlah kepada
ku tentang shalat witir Rasulullah saw. Siti Aisya menjawab:”Kami siapkan siwak
dan air wudlu (untuk Nabi saw) hingga Allah membangunkan Beliau saw pada batas
waktu malam sesuai dengan kehendakNya lalu Beliau bersiwak dan berwudlu lalu
menunaikan shalat delapan raka’at Beliau tidak duduk tasyahud kecuali pada
raka’at ke delapan. Saat Beliau duduk Beliau berdzikir kepada Allah seraya
berdoa lalu Beliau bangkit tidak membaca salam kemudian Beliau shalat untuk
raka’at ke sembilan lalu duduk tasyahud berdoa kepada Allah bershalawat kepada
Nabi saw lalu membaca salam yang nyaring lalu Beliau menunaikan shalat dua
raka’at sambil duduk. Itulah seluruhnya berjumlah sebelas raka’at”(Hadis
Riwayat Muslim).
قَالَ
أَبُو سَلَمَةَ قَالَ قُلْتُ لِعَائِشَةَ أَيْ أُمَّتَاهُ كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ
رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعْدَ الْعِشَاءِ الْآخِرَةِ
قَالَتْ تِسْعًا قَائِمًا وَثِنْتَيْنِ جَالِسًا وَثِنْتَيْنِ بَعْدَ
النِّدَاءَيْنِ (رواه أحمد)
 “Dari Abu Salamah dia berkata: Saya bertanya kepada Siti
Aisyah, wahai Ibu bagaimana shalat malam Rasulullah saw. Aisyah menjawab:
sembilan raka’at (ditunaikan) sambil berdiri dan dua rakaat (ditunaikan) sambil
duduk. Dan dua raka’at antara adzan dan iqamat” (Hadis Riwayat Ahmad.)
d.                Formasi 10-1:
عَنْ عَائِشَةَ قاَلَتْ كَانَ رَسُوُلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يُصَلِّيْ مِنَ اللَّيْلِ عَشَرَ رَكَعَاتٍ
ثُمَّ يُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ ثُمَّ يَرْكَعُ رَكْعَتَيْ
الْفَجْرِ
Dari Siti Aisyah r.a dia berkata:”Rasulullah saw
menunaikan shalat malam sepuluh raka’at kemudian menunaikn witir satu raka’at
lalu Beliau menunaikan shalat sunat qabla shubuh dua raka’at”(Hadis riwayat an-
Nasai);
Formasi 4-5-2:
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ بِتُّ فِيْ بَيْتِ خَالَتِيْ
مَيْمُوْنَةَ فَصَلَّى رَسُوْلُ اللهِ صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِشَاءَ
ثُمَّ جَاءَ فَصَلَّى أَرْبَعاً ثُمَّ نَامَ ثُمَّ قَامَ فَتّوّضَّأَ قَالَ لاَ أَحْفَظُ
وُضُوْءَهُ ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَجَعَلَنِيْ عَنْ يَمِيْنِهِ
ثُمَّ صَلَّى خَمْسَ رَكَعَاتٍ ثُمَّ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ نَامَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتـَيْنِ
ثمَ خَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ
Dari Abdullah bin Abbas dia berkata :”Aku bermalam
di  ruma bibiku Siti Maimunah kemudian
Rasulullah saw shalat isya lalu datang untuk menunaikan shalat malam lalu
Beliau tunaikan empat raka’at lalu tidur kemudian Beliau bangun dan berwudlu.
Kata Abdullah bin Abbas:”Aku tidak mengingat wudlunya kemudian Beliau berdiri
untuk menunaikan shalat malam aku pun ikut berdiri di samping kirinya lalu
Beliau menempatkanku di samping kanannya lalu Beliau shalat lima raka’at lalu
dua raka’at lalu Beliau keluar rumah menuju masjid untuk shalat shubuh (riwayat
Nasai).

 Formasi 2-2-2-5
عن عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى
مِنَ اللَّيْلِ ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً يُوتِرُ مِنْ ذَلِكَ بِخَمْسٍ لاَ
يَجْلِسُ فِى شَىْءٍ إِلاَّ فِى آخِرِهَا.
Dari Siti Aisyah dia berkata Adalah Rasulullah saw menunaikan shalat malam 13
raka’at Beliau menunaikan witir 5 raka’at yang tidak duduk kecuali di akhir
rakaatnya
(Shahih
Muslim)
.
 Formasi 8-3
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَ رُسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّيْ مِنَ
اللَّيْلِ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً ثَمَانِيَ رَكَعَاَتٍ وَيُوْتِرُ بِثَلاَثٍ وَيَرَكَعُ رَكْعَتَيِ
اْلَفجْرِ
Dari Ummu
Salamah dia berkata:”Rasulullah saw menunaikan shalat malam 13 raka’at (dengan
formasi) delapan raka’at kemudian witir 3 raka’at dan menunaikan shalat dua
raka’at sebelum shubuh”(HR Nasai);
h.                   Formasi 2-7-2:
_عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله
عليه وسلم- كَانَ يُصَلِّى مِنَ اللَّيْلِ

ثَلاَثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً يُوتِرُ بِسَبْعٍ أَوْ كَمَا قَالَتْ وَيُصَلِّى
رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ وَرَكْعَتَىِ الْفَجْرِ بَيْنَ الأَذَانِ
وَالإِقَامَةِ.
Dari Siti
Aisyah r.a. bahwa Rasulullah saw. Menunaikan shalat malam tigabelas raka’at
Beliau melakukan witir tujuh raka’at –atau sebagaimana dikatakan Aisyah-
kemudian Nabi saw tunaikan dua raka’at sambil duduk dan dua raka’at sunat
sebelum shubuh”(Hadis Riwayat  Abu Daud);
11 Rakaat
diawali dengam dua raka’at ifititah khafitatain
Putusan Tarjih tentang Tunantunan shalat qiyamu Ramadlan sejak lama telah
menetapkan bahwa shalat malam di atas ketika ditunaikan diawali dengan
pelaksanaan shalat ifititah khafifatin, shalat dua raka’at yang ringan. Pelaksanannya
ketika shalat malam dilaksanakan berjamaah maka ifititah khafitain pun
ditunaikan berjamaah dengan cara bacaan jahr atau dinyaringkan. Ini, antara
lain, didasarkan pada hadis-hadis berikut ini:
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله
عليه وسلم- إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ لِيُصَلِّىَ افْتَتَحَ صَلاَتَهُ
بِرَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ.
“Dari Siti Aisyah ra. Dia berkata:”Adalah Rasulullah saw ketika menunaikan
shalat malam memulai shalatnya dengan dua raka’at yang ringan” (Hadis Riwayat
Muslim)”
عن أبي هريرة قال قال رسول الله {صلى الله عليه وسلم} إذا
قام أحدكم من الليل فليفتح الصلاة بركعتين خفيفتين;
“Dari Abu Hurairah ra. Dia berkata: Rasulullah saw bersabda:Jika salah
seorang diantaramu menunaikan shalat malam maka mulailah shalatnya dengan dua
raka’at yang ringan”(Hadis Riwayat BukhariMuslim);
أَنَّ
كُرَيْبًا مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ قَالَ : سَأَلْتُ ابْنَ
عَبَّاسٍ كَيْفَ كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
بِاللَّيْلِ قَالَ : بِتُّ عِنْدَهُ لَيْلَةً وَهُوَ عِنْدَ مَيْمُونَةَ فَنَامَ
حَتَّى إِذَا ذَهَبَ ثُلُثُ اللَّيْلِ أَوْ نِصْفُهُ اسْتَيْقَظَ فَقَامَ إِلَى
شَنٍّ فِيهِ مَاءٌ فَتَوَضَّأَ وَتَوَضَّأْتُ مَعَهُ ثُمَّ قَامَ فَقُمْتُ إِلَى
جَنْبِهِ عَلَى يَسَارِهِ فَجَعَلَنِى عَلَى يَمِينِهِ ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ عَلَى
رَأْسِى كَأَنَّهُ يَمَسُّ أُذُنِى كَأَنَّهُ يُوقِظُنِى فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ
خَفِيفَتَيْنِ قُلْتُ : فَقَرَأَ فِيهِمَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ
ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ صَلَّى حَتَّى صَلَّى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً بِالْوِتْرِ…
Dari Kuraib “pembantu” Abdullah bin Abbas dia menceritakan bahwa dia
bertanya kepada Abdullah bin Abbas bagaimana cara shalat lama Rasulullah saw?
Adullah bin Abbas menjawab:”saya bermalam bersama Nabi saw ketika Beliau
bermalam di rumah Siti Maimunah. Nabi tidur hingga masuk 1/2 atau 2/3 malam.
Kemudian Beliau bangun dan menuju wadah yang ada airnya. Nabi saw berwudlu saya
pun berwudlu. Nabi berdiri untuk tunaikan shalat malam sayapun berdiri
disamping kirinya kemudian Nabi menarik saya ke sebelah kanannya kemudian Nabi
pun letakkan tangannya di atas kepala saya Nabi meggosok-godok telinga saya
seakan Nabi bangunkan saya (dari kantuk saya). Kemudian Nabi tunaikan shalat
dua rakaat yang ringan. Saya berkata. Kemudian Nabi membaca dalam dua rakaat
yang ringan itu surat al-fatihah dalam setiap rakaatnya kemduian membaca salam.
Kemduian tunaikan shalat hingga 11 rakaat dengan witir …(Hadis Riwayat Abu
Daud).
Wallahu A’lam bish-Shawab.
Oleh:
Wawan Gunawan Abdul Wahid
Alumni Angkatan Pertama PP Darul Arqam Muhammadiyah Garut (1978-1984)
Kadiv Kajian Kemasyarakatan dan Keluarga MTT PP Muhammadiyah