Muhammadiyah Ranting Rowosari Sembelih 18 Sapi dan 79 Kambing

Sangpencerah.id – Selepas shalat Idul Adha, sekitar pukul 08.00 WIB, lebih dari 300 orang panitia terlihat mulai berdatangan ke kompleks pusat dakwah Muhammadiyah Ranting Rowosari, Ulujami, Pemalang.

Dengan mengenakan seragam biru beraksen abu, mereka telah siap bergumul dengan darah dan anyir daging qurban yang insyaallah penuh berkah. Sesampai di lokasi, mereka langsung menempati pos masing-masing dengan alat tempur sesuai divisinya. Dari mulai tim penyembelih, tim pemotong, tim penimbang, tim pengangkut, sampe tim pengemas.

Nyaris semuanya telah paham dengan tugas dan peran masing-masing yang telah dibagi jauh-jauh hari sebelumnya. Sebagian besar dari mereka juga telah turut serta dalam kepanitiaan di tahun sebelumnya. Sehingga selain sudah paham tugas, juga telah terbangun chemistry satu sama lain.

Aktivitas penyembelihan, pemotongan, dan pengemasan dilakukan terpusat di kompleks pusat dakwah muhammadiyah ranting Rowosari. Panitia memulai penyembelihan pada pukul 08.30 dan pada pukul 14.00 daging qurban tampak telah rapi dalam kemasan dan siap didistribusikan. Panitia telah membagikan lebih dari 4.000 kupon kepada warga yang merupakan bagian dari asnaf yang berhak menerima daging qurban.

“Sampe Rabu pagi, terhitung ada sebanyak 203 kaum muslim yang mempercayakan ibadah qurbannya kepada panitia”, ujar Ahmad Saifullah selaku ketua panitia.

Saifullah menjelaskan sebagian ada yang menyerahkan dalam bentuk hewan dan sebagian dalam bentuk uang dan mempercayakan panitia untuk menyediakan hewan qurban. Adapun hewan qurban terdiri dari 79 kambing dan 18 sapi.

“Adapun pembagian daging akan dilakukan di halaman masjid besar Assalam. Panitia telah melakukan rekayasa teknis pembagian sedemikian rupa. Sehingga meskipun ada ribuan orang yang datang, tapi pembagian senantiasa tertib dan lancar sebagaimana tahun sebelumnya”,tutupnya.(mch)