Beranda Kabar Persyarikatan Kabar Daerah Muhammadiyah Dirikan Sekolah Darurat Bencana di Lombok

Muhammadiyah Dirikan Sekolah Darurat Bencana di Lombok

Sangpencerah.id – Relawan Muhammadiyah yang berada di lokasi bencana menginisiasi Sekolah Darurat Tanggap Bencana di beberapa tempat. Di antaranya di Desa Rendang Luar Semalun, Dusun Mlepah dan Dusun Sajang Lombok Utara. Sedangkan di Lombok Timur di Dusun Mlepah Sari Kecamatan Kayangan, Dusun Lading-lading Kecamatan Tanjung, dan Dusun Lekok Desa Gondang Kecamatan Gangga.

Dalam siaran pers yang diterima KRJOGJA.com, Rabu (15/8) Staff Tanggap Darurat dan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC-LazisMu Harits Dwi Wiratma menyebutkan,   fasilitator dalam Sekolah Darurat Tanggap Bencana yakni Tim Relawan MDMC DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Sekolah ini juga sebagai kegiatan trauma healing  untuk menumbuhkan kembali kepercayaan diri dan memperbaiki suasana hati anak-anak pascabencana,” ujarnya.

Disebutkan, tujuan didirikannya Sekolah Darurat Tangap Bencana tidak lain untuk memberikan fasilitas pendidikan pada saat waktu luang anak-anak menunggu sekolahnya di rekonstruksi oleh pemerintah.  Hal ini mengingat pascagempa di Lombok sekolah-sekolah rusak parah dan kerusakan tersebut menyita kesempatan anak-anak melakukan aktivitas belajar.

Menurut Harits,  perlu adanya kegiatan pemulihan kondisi psikososial anak-anak pasca bencana. “Mendirikan Sekolah Darurat Tanggap Bencana merupakan salah satu solusi untuk mengubah mood anak sehingga dapat semangat lagi untuk belajar dan tidak kehilangan kesempatan mengenyam pendidikan,” ungkapnya.

Harits juga menambahkan, meskipun kegiatan Sekolah Darurat Tanggap Bencana berbeda dengan Sekolah Formal. Namun desain Sekolah Darurat Tanggap Bencana tidak  mengurangi esensi dari kegiatan sekolah formal pada umumnya. “Anak-anak kita ajak untuk bermain sambil belajar, menggambar, dan melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga. Bahkan orangtua pun kami ajak untuk ikut mendampingi anak-anaknya,” ungkap Harits. (Fsy/krjogja)