Songsong Satu Abad, Hizbul Wathan Gelar Sidang Tanwir Perdana

Sangpencerah.id – Hizbul Wathan (HW), yang merupakan salah satu organisasi otonom (Ortom) di bawah naungan Muhammadiyah, akan menggelar Tanwir Kepanduan pertamanya, di Gedung LPMP Kalasan, Tirtomartani, Sleman, pada 28-30 Juni.

Ketua OC Sidang Tanwir, sekaligus Ketua Bidang Informasi dan Teknologi Pimpinan Pusat (PP) HW, Hadjam Murusdi, mengatakan bahwa Sidang Tanwir pertama ini, mengambil tema besar ‘Peningkatan karakter dan Daya Saing Kepanduan HW di Era Digital’.

“Sidang ini akan dihadiri oleh kwartir wilayah gerakan kepanduan HW di seluruh Indonesia,” katanya, saat jumpa pers di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Cik Di Tiro, Kota Yogyakarta, Rabu (27/6/2018).

Hadjam menuturkan, hasil yang ingin dicapai melalui agenda tersebut, adalah terciptanya konsolidasi organisasi, program kerja, serta arah gerakan kepanduan HW yang lebih progresif, termasuk dalam menyikapi masalah kebangsaan yang komplek.

“Tanwir juga diharapkan mampu merumuskan pendekatan yang spesifik kepada generasi milenial, tentang pentingnya jiwa nasionalisme dan semangat bela negara. Seperti halnya para pendiri bangsa, yang rela mengorbankan semua yang dimiliki,” tuturnya.

Nantinya, di sela agenda tersebut, turut digelar pula sarasehan kebangsaan, dengan menghadirkan sejumlah tokoh Muhammadiyah, seperti mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Buya Syafi’i Ma’arif, hingga Anggota DPD RI, Afnan Hadikusumo. (tribun)