Pemuda muhammadiyah Pulang Pisau Gelar Pesantren Ramadhan

Sangpencerah.id – Pemuda muhammadiyah Kabupaten Pulang Pisau menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan yang bertempat di masjid KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau. Kegiatan ini  berlangsung selama dua hari dan diikuti peserta mulai dari anak-anak tingkat SD sampai remaja (tingkat SMP/SMA dan sederajat).

Widodo, S.Pd, Sekretaris Pemuda Muhammadiyah  Pulang Pisau mengatakan, kegiatan pesantren Ramadhan yang bertema ceria ini baru pertama kalinya diadakan, dan menyasar kepada peserta anak-anak  dan remaja. selain untuk mengisi kegiatan selama bulan Ramadhan , kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan memantapkan penghayatan ilmu agama, pengetahuan umum lainnya, serta  dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pesantren yang bertemakan ceria ini diikuti oleh siswa siswi SD/MI, SMP/Mts dan SMA/Aliyah  atau sederajat yang ada di Pulang Pisau, bahkan ada beberapa orang yang sudah lulus SMA dan mahasiswa antusias mengikuti kegiatan ini.

Beragam materi kegiatan di Pesantren Ramadhan ini  antara lain : Kajian islami, fikih Munakhahad, baca qur’an,  pelatihan Publik speaking,pelatihan beladiri praktis dan pelatihan olahraga Panahan. Juga ada beberapa permainan interaktif menarik dan latihan Menggambar dan mewarnai khusus untuk anak-anak SD dan sederajat.

Aril, salah satu peserta dari MTs Negeri  Kahayan Hilir, mengungkapkan kegembiraannya untuk mengikuti kegiatan ini “saya sangat senang  mengikuti pesantren karena ingin menambah pengetahuan agama dan juga teknik olahraga memanah, Dia juga berharap kalau bisa tahun depan bisa diadakan lagi kegiatan di Masjid KHA Dahlan , dan  semoga tambah banyak lagi hadiahnya , ujarnya sambil bersiap-siap untuk sholat dhuhur.

Turut hadir mewakili Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bp. Rudi Purwadi S,Sos yang memberikan sambutan pada acara pembukaan , beliau mengungkapkan Kegiatan Pesantren yang diinisiasi oleh Pemuda Muhammadiyah ini memang dibuat dengan konsep yang menarik santai , gembira dan ceria, dan banyak  doorprizenya juga, dengan harapan yang selama ini mungkin ada beberapa siswa yang biasanya takut atau malas mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan, mudah-mudahan menjadi antusias, Karena acaranya dikemas dengan “sersan” alias serius tapi santai, ujar Sekretaris PD Muhammadiyah Pulang Pisau.

Pada Kegiatan ini Panitia juga dibantu  oleh Mahasiswa IMMawan / IMMawati dari Universitas Muhammadiyah di Pulang Pisau, Para guru=guru PAUD / Bustanul Athfal  Aisyiyah yang berpartisipasi aktif memberikan support tenaga dan ide-ide kreatifitasnya sehingga acara berjalan dengan lancar sampai akhir acara.

Kegiatan Pesantren  Ramadhan ditutup dengan  acara Buka Puasa Bersama seluruh warga persyarikatan dan para jamaah yang hadir di Masjid KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau. (BoF)