Pembangunan RSI PKU Muhammadiyah Batang Dijadwalkan Selesai 2019

Sangpencerah.id – Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Batang, Nasikhin, mengatakan pembangunan Rumah Sakit Islam-Pusat Kesehatan Umat (RSI-PKU) Muhammadiyah yang terketak di ruas jalan Wahid Hasyim Batang, dijadwalkan selesai pada tahun 2019.

“Saat ini sedang dilakukan pemasangan tiang pancang untuk pondasi konstruksi gedung, dan dijadwalkan 2019 pembangunan sudah selesai, selanjutnya (RSI) siap dioperasikan,” kata Nasikhin, Rabu (6/6).

Groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan RSI Muhammadiyah yang dianggarkan sebesar Rp.50 milyar itu, dilakukan oleh mantan Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin pada Minggu, 26 Nopember 2017. Adapun penggalangan dana pembangunan RSI melalui kotak amal yang diberi nama SMS yakni kependekan dari Sehari Minimal Seribu.

Menyinggung penetepan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, pihak PP Muhammadiyah telah menetapkannya pada hari Jum’at, 15 Juni 2018.

“Penetapan Hari Raya Idul Fitri 1439 H oleh Muhammadiyah berdasarkan hisab, dan kami memprediksi pemerintah dalam hal ini adalah Kemeterian Agama, berdasarkan sidang isbat, akan menetapkan (Idul Fitri) pada hari yang sama,” kata Nasikhin.

Ia mengatakan lebih lanjut, dalam menyongsong Idul Fitri 1439 H, pihaknya tidak menggelar bazar atau pasar murah. Namun sebagai gantinya menyalurkan zakat kepada para dhuafa termasuk memberikan santunan kepada anak yatim-piatu, melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).

“Kemarin kami memberikan santunan kepada 200 anak yatim-piatu melalui Lazismu,” ujar Nasikhin yang sehari-harinya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang itu.(suaramerdeka)