PDPM Protes Keras Logo Muhammadiyah Dicatut Relawan Ashari-Yusuf

Sangpencerah.id – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Deliserdang menyayangkan logo Muhammadiyah dicatut untuk mendukung calon Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan – Yusuf Siregar.

“Kami menyayangkan logo Muhammadiyah dicatut untuk aksi dukung mendukung pada pemilihan Bupati Deliserdang. Kami sampaikan protes keras kepada RATA (Relawan Ashari Tambunan-Yusuf Siregar) yang secara sepihak mencatut logo Muhammadiyah dan memasangnya di alat peraga kampanye,” tegas Arham Afandi, Ketua PDPM Deliserdang Bidang Advokasi dan Kebijakan Publik, Selasa (19/6/2018) di Lubukpakam.

Dikatakanya, RATA harus segera menurunkan baliho alat peraga kampanye Ashari-Yusuf. “Kami menghimbau agar RATA segera menurunkan alat peraga tersebut. Muhammadiyah sendiri sejak dulu tidak pernah melarang anggotanya untuk aktif di kegiatan politik manapun, hanya saja secara institusi memang dilarang,” tegasnya.

“Setiap tahunnya selalu ada himbauan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah agar pengurus persyarikatan Muhammadiyah tidak menggunakan logo, amal usaha dan aset Muhammadiyah untuk kegiatan politik praktis,” sambung Arham Afandi.

Sementara itu Ketua Bidang Organisasi PDPM Deliserdang, Chairul Amri mengatakan bahwa aturan di Muhammadiyah itu sudah jelas. Muhammadiyah itu tidak dalam posisi dukung mendukung siapapun tapi ketika bicara organisasi maka jangan pernah ditarik ke mana-mana. “Saya meminta agar logo Muhammadiyah ditarik dari baliho RATA atau kami akan proses sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Chairul.

Hal senada juga ditegaskan pengurus PDPM Deliserdang, Rio. Dia meminta RATA mengklarifikasi dan mencabut logo Muhammadiyah dalam setiap alat peraga kampanye, menegaskan bahwa sikap politik Muhammadiyah adalah high politic, tidak terlibat dalam dukung mendukung kepada calon, tetapi mendukung politik yang berkemajuan dan beretika. Ditambahkan sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Lubukpakam Zulkifli Zuhri bahwa Muhammadiyah tidak pernah membuat pernyataan mendukung kepada calon manapun di Pilkada ini.

“Kami meminta lambang Muhammadiyah pada baliho RATA segera diturunkan atau kami akan mengusut ke penegak hukum,” tegas Zulkifli. Sebelumnya ditemukan dibeberapa lokasi di Deliserdang Baliho ukuran sedang Relawan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ashari Tambunan-Yusuf Siregar (RATA), mencantumkan logo beberapa ormas di antaranya Muhammadiyah. Baleho itu diletakkan di Jalan Galang, Lecamatan Galang, hingga jalan menuju Kecamatan Bangun Purba.(metro24jam)