BNPT Sebut 7 Kampus Terkena Radikalisme, Menristekdikti Akankah Mundur ?

Sangpencerah.id – Beberapa hari lalu, ramai diperbincangkan terkait kampus negeri yang sudah terkena radikalisme. Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol Ir Hamli belum lama ini mengeluarkan data 7 kampus yang terpapar paham radikalisme.

Tujuh kampus tersebut diantaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB).

Sebelumnya Menristekdikti mengakui sendiri kalau radikalisme sudah banyak masuk ke kempus-kampus. Nasir menjelaskan paparan radikalisme di kampus berlangsung sejak 35 tahun yang lalu, tepatnya pada 1983.

Mohamad Nasir dalam rilisnya di merdeka.com menyebut tidak hanya 7 kampus. “Saya melihat tidak hanya tujuh kampus itu saja yang terpapar, potensinya besar,” tegas Nasir.

Melihat fenomena ini, akankah Menristekdikti akan mundur dari jabatannya ? karena beliau gagal selama 4 tahun ini mencegah radikalisme masuk ke kampus. Kalau BNPT sudah mengeluarkan rilis, ini adalah persoalan serius yang harus segera diselesaikan Menristekdikti. (sp/mc)