Pemuda Muhammadiyah Pemalang Buka Warung Gratis untuk Dhuafa

Sangpencerah.id – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah ( PDPM ) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah kembali melaksanakan kegiatan. Setelah selesai dengan Puncak Milad Pemuda Muhammadiyah ke 86 kali ini Pemuda Muhammadiyah Kab. Pemalang melaunching “Warung Dhuafa”. Warung Dhuafa ini dibuka pada hari Selasa 15 Mei 2018 didepan Kampus Pendidikan Muhammadiyah Sirandu Pemalang, yang berdekatan dengan pusat keramaian di Kabupaten Pemalang diantaranya Stadion Muchtar, Taman Kota Patih Sampun dan pusat bisnis Sirandu serta perkantoran lainnya.

Dalam bincang santai saat pembukaan M. Abdul Ajis selaku Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Pemuda Muhammadiyah terhadap kaum duafa. ” Kegiatan ini kami laksanakan sebagai bentuk kepedulian Pemuda  Muhammadiyah terhadap sesama, ditengah himpitan ekonomi masyarakat bawah masih perlu kita perhatikan. Ini juga merupakan ladang amal untuk kita semua sekaligus sebagai rangkaian Milad dan Gerakan Pemuda jelang ramadhan”. Lebih lanjut M.Abdul Ajis menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah awalan saja, Warung Dhuafa akan diteruskan sesuai rencana yaitu setiap bulan sekali, tegasnya.

Kegiatan Warung Dhuafa ini dibuka mulai jam 11.00 WIB, sejak jam sebelas masyarakat sekitar yang beraktifitas disekitaran kota Pemalang, terdiri dari tukang becak, pemulung, anak jalanan yang berjumlah 200-an mampir ke Warung Dhuafa. Tanpa canggung seperti pelayan warung profesional,  secara bergantian personil Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah melayani satu persatu pengunjung yang datang dengan memilih menu yang ada. Dalam wawancara santai dengan salah satu pengunjung Warung Dhuafa Bapak Khaeri (65) yang berasal dari desa Bojongnangka- Pemalang berprofesi sebagai pengayuh becak menyampaikan terima kasih kepada Pemuda Muhammadiyah yang telah peduli dan mau berbagi terhadap sesama. Bapak Khaeri juga berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan karena sangat di butuhkan bagi masyarakat yang tidak mampu, imbuhnya.

Kegiatan Warung Dhuafa ini cukup ramai dan berjalan lancar. Warung Dhuafa ini selesai  diluar perkiraan, dimana awalnya diperkirakan selesai jam 16.30 ternyata Warung Dhuafa ini sudah habis persis jam 14.00. Dua ratusan porsi nasi dengan lauk ala Warteg dapat disajikan secara langsung oleh Pemuda Muhammadiyah kepada kaum dhuafa. Suasana akrab terjalin antar pengunjung dan pelayan dari Pemuda Muhammadiyah. Selain disajikan porsi makan siang, Pemuda Muhammadiyah juga memberikan jadwal imsakiyah Ramadhan kepada pengunjung. Pesan yang cukup akrab juga disampaikan kepada pengunjung untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Dalam sesi wawancara M. Lutfi salah satu penggerak kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah dijalankan oleh Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. Dan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab.Pemalang berinisiatif untuk ikut mensukseskan dengan membentuk AL Maun Comunity yang khusus  menggerakan Warung Dhuafa, tentunya di wilayah Kabupaten Pemalang. M. Lutfi juga berharap kegiatan Warung Dhuafa berikutnya akan dilaksanakan lebih baik lagi dan lebih luas lagi, dengan begitu dakwah bil hal Pemuda Muhammadiyah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Kami berharap Warung Dhuafa yang akan datang bisa dilaksanakan lebih baik lagi, mungkin nanti bisa melibatkan banyak personil dan lebih luas lagi pengunjung  yang bisa hadir, sehingga dakwah kita akan dirasakan langsung oleh masyarakat yang membutuhkan”, pungkasnya. (kenar)