Sultan Yogya : Tidak Ada Aturan Pelarangan Cadar di Kampus

Sangpencerah.id – Isu pelarangan cadar di kampus-kampus memang menyeruak usai UIN Sunan Kalijaga mengumumkan rencana pembinaan kepada mahasiswi-mahasiswinya yang bercadar. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, tidak ada pelarangan penggunaan cadar di kampus.

“Bukan melarang, jadi bukan tidak boleh, belum ada keputusan (melarang) seperti itu,” kata Sultan, Kamis (8/3).

Walau meminta ada kebijakan yang perlu dipertimbangkan, Sultan sendiri tidak merasa ada perguruan tinggi di DIY yang melakukan pelarangan. Yang ada sekarang hanya tim yang ingin membangun dialog kepada mahasiswi-mahasiswi yang bercadar.

Artinya, lanjut Sultan, sejauh ini belum ada keputusan perguruan tinggi mana pun yang ingin melarang mahasiswinya menggunakan cadar. Apalagi, soal isu-isu yang mengatakan perguruan tinggi akan mengeluarkan mahasiswinya yang bercadar. “Itu isu, tapi¬†kan¬†tidak ada ketentuan yang mengatur (pemecatan) itu,” ujar Sultan.

Sultan menegaskan, memang ada perguruan tinggi yang membentuk tim untuk melakukan pembinaan dan komunikasi dengan mahasiswi-mahasiswi yang menggunakan cadar. Karena itu, dia berharap, itu tidak dibolak-balik, apalagi diartikan sebagai pelarangan penggunaan cadar.(sp/rol)