Petisi Desak Mundur Ketua MK Sudah Tembus 12 Ribu

1048

Sampai hari ini Selasa 6 Februari 2018 jam 10:15 WIB , sebanyak 12.656 orang telah menandatangani petisi Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat Mundurlah

Ayo ikut tanda tangani petisi, Link : https://www.change.org/p/ketua-mahkamah-konstitusi-arief-hidayat-arief-hidayat-mundurlah

Pada hari Jumat tanggal 26 Januari 2018 yang lalu, Madrasah Anti Korupsi PP Pemuda Muhammadiyah bersama dengan Angkatan Muda Muhammadiyah lainya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah mengirimkan Surat Cinta untuk Mahkamah Konstitusi.

Surat Cinta untuk Mahkamah Konstitusi tersebut berisi Permintaan kepada Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Prof. Dr. Arief Hidayat, SH., M.S untuk MUNDUR dari Jabatannya sebagai Ketua sekaligus Hakim di Mahkamah Konstitusi.

Arief Hidayat telah melanggar nilai nilai integritas dan mencederai rasa keadilan publik. Pelanggaran etika yang dilakukan Arief Hidayat sebanyak dua kali dan mendapatkan sanksi dari Dewan Etik Mahkamah Konstitusi, sesungguhnya telah menghapus hak hak konstitusional Arief Hidayat, yang bersangkutan tidak lagi memenuhi syarat dan kelayakan untuk menjadi Hakim Konstitusi bahkan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Pelanggaran etik tersebut yaitu, Pertama, Arief Hidayat melanggar etik pada 2016, Arief Hidayat mendapatkan sanksi etik berupa teguran lisan dari Dewan Etik MK. Pemberian sanksi itu karena Arief dianggap melanggar etika dengan membuat surat titipan atau katebelece kepada Jaksa Agung Muda Pengawasan Widyo Pramono untuk “membina” seorang kerabatnya.

Kedua, Arief melanggar etik dengan bertemu Pimpinan Komisi III DPR RI tanpa ada undangan resmi di Hotel Ayana Midplaza Jakarta, di tengah proses pencalonannya kembali sebagai Hakim Konstitusi yang dilakukan oleh DPR RI.

Kedua pelangaran etik tersebut dinilai telah mencoreng jabatan hakim dan menghina marwah institusi MK.

Mahkamah Konstitusi sebagai pelaku kekuasaan kehakiman serta sebagai anak kandung reformasi harus dijaga marwah dan martabatnya. Mahkamah Konstitusi harus dipercaya sebagai lembaga yang berintegritas dan berkeadilan. Mahkamah Konstitusi menentukan hidup mati hak hak konstitusional warga negara.

Kami meminta dukungan dari semua pihak, melalui petisi ini dengan hormat meminta Saudara ARIEF HIDAYAT, untuk MENGUNDURKAN DIRI dari Jabatan Ketua sekaligus Jabatan Hakim Konstitusi di Mahkamah Konstitusi.