Diikuti 500 Anak, SD Muhammadiyah Bayan Gelar Seni Budaya dan Lomba Mewarnai

1839

Sangpencerah.id – Dalam rangka mensosialisasikan program sekolah, Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan selenggarakan Lomba Mewarnai dan Gelar Seni Budaya di Komplek Perguruan Muhammadiyah Bayan pada Sabtu (3/2). Agenda yang telah dilaksanakan untuk yang ke sekian kalinya ini merupakan program tahunan sekolah dengan penyelenggaraan pada awal tahun. Disampaikan Amad Darusman, S.Pd. Kepala Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan bahwasanya agenda lomba mewarnai yang dilaksanakan dalam tajuk Gelar Seni Budaya ini diikuti oleh 500 siswa yang terdiri dari 146 siswa PAUD/KB dan 354 siswa TK berasal dari berbagai kecamatan di sekitar lingkungan sekolah seperti Kecamatan Bayan, Kecamatan Grabag, Kecamatan Ngombol, Kecamatan Kutoarjo dan Kecamatan Butuh.

“Selain untuk mensosialisasikan program sekolah yang telah dirancang dan laksanakan dengan baik kepada masyarakat, juga dalam rangka menumbuhkembangkan minat bakat anak. Jadi anak yang mempunyai bakat diharapkan dapat tumbuh dan berkembang. Tidak hanya dalam bidang menggambar dan mewarnai. Tetapi juga bidang yang lainnya seperti seni tari, musik, pidato, menyanyi dan lainnya. Maka, tajuk yang diangkat Gelar Seni Budaya. Dengan agenda semacam inilah siswa dapat tertuntut untuk berlatih secara rajin mempersiapkan diri segala sesuatunya guna ditmapilkan. Tanpanya tak akan semangat untuk berlatih,”ungkap Amad Darusman, S.Pd.

Lanjutnya, selain daripada itu kegiatan ini dimaksudkan untuk menjadi media refreshing karena pada arena kegiatan dipersiapkan beberapa stand seperti stand bazar, pameran reptil, stand badut dan lainnya yang disukai anak-anak. “Sehingga anak-anak datang ke arena lomba ikut berlomba juga pulang dapat merasa senang. Tidak sekedar berlomba saja. Juga ada dongeng Islami oleh Kak Bimo yang sangat menyentuh dan menggugah perasaan anak,”ujarnya.

Dalam pelaksanaan lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa TK dan KB ini dirangkai dengan berbagai gelaran seni budaya yang ditampilkan oleh seluruh siswa Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Bayan seperti solo vokal, hafalan berjamaah surat, penampilan macapat dari KB ABA Jono, Tari Nusantara, Vokal Grup, pidato 2 bahasa, apresiasi puisi PAHLAWAN, Gerak dan Lagu, Dongeng Islami Kak Bimo dan lainnya.

“Diharapkan anak melalui dongeng akan refresh diri anak menjadi anak sholeh karena yang disajikan dongeng Islami terkait sejarah Islam. Harapan ke depan dapat terus diselenggarakan secara rutin. Supaya disamping sebagai momen sosialisasi program sekolah, media rekreasi dan tumbuh kembangkan potensi anak. Dan pada saatnya dapat bergabung bersekolah pada lembaga pendidikan ini, orang tua mendukung karena telah mengetahui program sekolah,”pungkasnya.

Turut menyukseskan paguyuban wali siswa dalam agenda ini. Pada penghujung agenda diserahkan doorprize kepada beberapa lembaga pendidikan TK / PAUD yang terpilih dan hadiah kejuaraan berupa tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Adapun hasil kejuaraannya yakni sebagai berikut :

Tingkat TK

  1. Juara 1 : Almira Shaafa Difara dari TK ABA 1 Kutoarjo dengan skor 806
  2. Juara 2 : Shella Putri Maylina dari TK IT Ulul Albab Bayan dengan skor 797
  3. Juara 3 : Estiningtyas Eko W. dari TK Saroja Kemiri dengan skor 790
  4. Juara Harapan 1 : Kartika Riski Nugraeni dari TK ABA 1 Kutoarjo dengan skor 782
  5. Juara Harapan 2 : Exsella Nadena Ramadani dari TK Bandungrejo dengan skor 776
  6. Juara Harapan 3 : Kasih Galih Wijaksono dari TK ABA 1 Kutoarjo dengan skor 772

Tingkat PAUD/KB

  1. Juara 1 : Idnada dari KB ABA Pelita Sangubanyu dengan skor 805
  2. Juara 2 : Anisa Nafiatul Farihan dari KB Bina Loka Krandegan dengan skor 798
  3. Juara 3 : Habibah dari PAUD Mutiara Hati dengan skor 792
  4. Juara Harapan 1 : Mutiara Cahyaningtyas dari KB AL Amin Pasar Anom dengan skor 785
  5. Juara Harapan 2 : Abid Aqilla Pranaja dari KB `Aisyiyah Jono dengan skor 780
  6. Juara Harapan 3 : Prasetyo Amelia Putri dari KB Garuda Tunas Bangsa Bandung kidul dengan skor 774.

Dalam penilaian dilaksanakan oleh Subagiyo, S.Pd., Suraji, S.IP. dan Sigit Suntoro.