Wapres Resmikan At-Tauhid Tower Muhammadiyah

Sangpencerah.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan gedung At Tauhid Tower yang merupakan gedung baru Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, di sela membuka Tanwir I Pimpinan Pusat Aisyiyah periode 2015-2020, Jumat.

Wapres mengatakan gedung At Tauhid Tower penting untuk menunjang motto UM Surabaya yakni morality, intellektuality, enterpreneurship.

Morality, intellektuality itu sangat penting. Tentu juga harus ada inovasi. Entrepreneurship tumbuh dari inovasi dan juga kekuatan mahasiswa,” kata Wapres.

Jusuf Kalla mengatakan saat ini universitas sangat tergantung pada kerja alumninya setelah lulus. Hal itu sama dengan pabrik. Pabrik,  menurutnya, boleh banyak pegawai, tapi kalau hasilnya tidak ada maka menjadi tidak ada artinya.

“Universitas sebesar apapun jika alumninya tidak mempunyai pekerjaan yang baik tentu kurang. Itulah inovasi dibutuhkan,” katanya.

Lulusan universitas, kata dia, harus berani menjadi pengusaha sebab untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) kecil kemungkinannya. Dari hampir satu juta alumni di perguruan tinggi yang diterima menjadi PNS di bawah 10 ribu orang.

“Maka harus masuk pada bidang yang lain. Itulah kekurangan selama ini,” ujarnya.

Sementara itu Rektor UM Surabaya Sukadiono mengatakan gedung At Tauhid Tower berlantai 13 dengan luas bangunan 13 ribu meter persegi dan menghabiskan dana Rp100 miliar.

Gedung itu akan digunakan untuk laboratorium, perpustakaan, ruang kuliah, rektorat, dan auditorium.

“Gedung ini merupakan simbol keteguhan dari sivitas akademika Muhammadiyah dalam menghadapi tantangan khususnya di bidang pendidikan tinggi,” katanya. (sp/viva)