Jokowi Minta Universitas Muhammadiyah Kupang Dorong Wiraswasta Muda

1794
Presiden Jokowi di Universitas Muhammadiyah Kupang
Sangpencerah.id – Pada kunjungannya ke Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), Kupang, Nusa Tenggara Timur, Presiden Joko Widodo sempat memberikan kuliah umum, Senin (8/1). Pada pidatonya di kuliah umum itu, Jokowi menyebut UMK merupakan tempat lahirnya karya riset yang inovatif.

“Saya meyakini Muhammadiyah dengan amal usahanya di bidang pendidikan terus menjadi tempat bersemainya para wiraswastawan muda yang unggul, yang berjiwa sosial tinggi,” kata Jokowi seperti dikutip dari rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (9/1).

Jokowi berharap UMK juga bisa mengembangkan ekosistem untuk mencetak socio-entrepreneur yang tidak hanya mengurus masalah untung dan rugi tetapi juga masalah sosial. Terutama soal peningkatan kesejahteraan umat dan masyarakat.
“Saya berharap Muhammadiyah mendukung semangat kewirausahaan di kalangan anak-anak muda sekarang, berbisnis dari hal yang kecil, membangun jaringan yang besar dengan sebuah nilai brand yang tinggi,” lanjut dia.

Ditambahkan Jokowi, UMK dan lembaga-lembaga pendidikan di Muhammadiyah di seluruh Tanah Air akan melahirkan inovasi-inovasi yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia. Jokowi juga percaya UMK tidak akan terjebak dalam rutinitas dan mau aktif melakukan perubahan-perubahan besar.

“Saya percaya Universitas-universitas Muhammadiyah akan menjadi pendobrak kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak produktif dan membuat lompatan-lompatan kemajuan,” ucap Jokowi. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memberikan contoh tentang perubahan dalam gaya hidup yang terjadi saat ini.

“Senangnya sekarang anak-anak muda sekarang pergi wisata atau ke tempat-tempat yang unik, iya kan? Kemudian nanti di situ selfie, klik, diunggah,” paparnya.
Saat ini, Jokowi menilai anak muda sudah tidak senang berbelanja.

“Kalau yang komen banyak dan komennya bagus-bagus senang, belanja-belanja sudah pada enggak senang, sekarang mulai seperti itu. Ini sudah menggejala di seluruh negara, seluruh dunia hampir sama seperti itu,” ungkap Jokowi.

Oleh karenanya, Jokowi tidak kaget bila banyak yang meminta berswafoto dengan dirinya.
“Datang saya ke sebuah daerah, Pak, selfie Pak, selfie, klik-klik, nanti malamnya diupload diunggah, banyak yang komentar senang, jadi saya kalau ke daerah banyak yang pengen foto, ya karena itu aja, iya kan?” tuturnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Widodo dalam acara tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya.(sp/red)