Inilah 4 Poin Hasil Kongres Ulama Muda Muhammadiyah

2139

Setelah melakukan Kongres selama 3 hari, 29-31 Januari 2017, Forum Kongres Ulama Muda Muhammadiyah menyampaikan 4 poin Tausiah Kebangsaan kepada umat Islam di Indonesia :

1. Politik Uang
Menghimbau kepada seluruh umat Islam untuk menghindari segala bentuk money politik karena merupakan bentuk penyuapan (risywah) untuk meraih jabatan. Perbuatan risywah mendapat laknat dari Allah SWT baik pemberi, penerima, maupun perantara suap. Termasuk mendapat pekerjaan seperti PNS dengan cara suap, jabatan dan penghasilan Gubernur, Bupati dan Walikota yang didapat melalui suap baik dalam bentuk mahar politik maupun menyuap pemilih adalah haram.

2. Hoax/berita bohong
Menghimbau umat Islam agar selektif dan menggunakan prinsip tabayyun dalam menyampaikan berita, karena menyebar berita bohong/hoax adalah dosa besar dan pelakunya dapat dikategorikan fasiq. Kami juga menghimbau kepada umat Islam agar tidak bekerja sebagai buzzer politik/penyebar hoax karena penghasilan yang didapat dari pekerjaan yang fasad adalah haram dan akan membawa kemudharatan bagi pelakunya.

3. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam merupakan anugerah Allah SWT yang harus disyukuri dan dikelola untuk kepentingan masyarakat. Pengelolaan sumber daya alam yang melampaui batas dapat dikategorikan sebagai kufur nikmat dan perbuatan sesat. Umat Islam dihimbau untuk terus belajar dan menguasai ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola sumber daya alam agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia.

4. Persatuan dan Nasionalisme
Menghimbau kepada umat Islam agar menjaga Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. Muhammadiyah sebagai bagian dari pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk menjada persatuan dan kesatuan bangsa.

Demikian Tausiah Kebangsaan ini disampaikan kepada umat Islam di Indonesia. Semoga Allah SWT meridhai kita.

Ulama Muda Muhammadiyah

Jakarta, 31 Januari 2018

Pimpinan Komisi
1. Politik Uang
Ustad Jati Sarwo 08164297942
(Ponpes Muhammadiyah Oku Timur)
2. Hoax/berita bohong
Ustad Arif Hidayat +818042632873
(PCIM Jepang)
3. Sumber Daya Alam
Ustad Rizki Usmul Azam 08568543212
(Majelis Tabligh PP Muhammadiyah)
4. Persatuan dan Nasionalisme
Ustad Rahiman Agus 082353090649
Salim (Ponpes Almujahidin)

Pimpinan Sidang,
Buya Abrar Azis 081225993930
Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah

Mengetahui,
Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah
Dahnil Anzar Simanjuntak