Pertama di Indonesia, Muhammadiyah Metro Luncurkan Ambulan Tenaga Surya

199
Ambulan Surya Baswara (Foto : SMK Muhammadiyah 3 Metro)

SangPencerah.id-Prestasi kader-kader Muhammadiyah diberbagai daerah untuk terus berkarya dan berinovasi seolah tiada henti. Kali ini pelajar-pelajar SMK Muhammadiyah 3 Metro, Provinsi Lampung yang menunjukkan taring prestasinya.

Satu team yang terdiri dari tiga belas orang siswa SMK Muhammadiyah 3 Metro jurusan Otomotif dan 4 orang guru pendamping ini telah berhasil mewujudkan impian nya untuk membuat dan menyelesaikan sendiri sebuah mobil bertenaga surya yang dapat berjalan tanpa memerlukan bahan bakar.

Mobil yang dirancang khusus sebagai ambulance sekolah ini dipamerkan untuk pertama kalinya kepada masyarakat umum pada perhelatan akbar Olimpiade Ahmad Dahlan Ke – 5 (Olympicad V) yang tengah dilaksanakan di Bandar Lampung, 26 – 29 Oktober 2017.

Peluncuran mobil yang memiliki nama “Surya Baswara” ini dihadiri dan diresmikan Langsung Oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P yang dari raut wajahnya menggambarkan rasa kebanggaan yang dituturkan langsung kepada Kepala SMK Muhammadiyah 3 Metro Khoeroni atas karya nyata yang telah berhasil dibuat dan diselesaikan Oleh Siswa SMK Muhammadiyah 3 Metro Ini.

Dalam test drive yang pertama kali dilakukan, Surya Baswara dapat menembus kecepatan hingga 60 Km/Jam dan menempuh Jarak 50 Km dari Kota Metro dan finish di Kota Bandar Lampung meskipun hanya menggunakan tenaga surya sebagai bahan bakar mobil ambulance yang dilengkapi berMbagai alat kesehatan untuk selalu siap dengan keadaan Gawat Darurat tersebut. Sinar matahari dapat menyalakan mesin Surya Baswara setelah menyinari empat buah Solar Cell yang terdapat di atap mobil tersebut.

Baca juga :  (SMK  Mutuharjo, Sekolah Internasional Produsen Android dan Peralatan Kesehatan)

Kendaraan yang memerlukan waktu selama enam bulan dalam tahap penyelesaian nya Ini merupakan Mobil Ambulance Tenaga Surya Pertama Di Indonesia.(sp/red)

Kontributor : SMK Muhammadiyah 3 Metro