Semangat Sumpah Pemuda, Muhammadiyah Senior Club Terus Berdayakan Lansia

42

Sangpencerah.id – Alhamdulillah, tepat hari ini (23/10/2017) komunitas binaan Muhammadiyah Senior Club (MSC) angkatan pertama dari RT001/RW014 Pisangan Timur Rawamangun sebanyak 6 orang lansia telah berhasil masing-masing menyelesaikan satu produk kerajinan tangan daur ulang berbahan koran. Adapun produk pembelajaran perdana ini berupa piring hidangan kue. Para lansia membutuhkan sebanyak 10 kali pertemuan tatap muka dan satu kali dalam seminggu, dengan durasi pertemuan selama 2 jam.

Proses pembelajaran selalu dimulai dengan ice breaking ringan untuk membangkitkan semangat personal dan membangun kebersamaan. Kemudian sebelum kegiatan dimulai diselipkan pesan-pesan kebermaknaan hidup lansia dan do’a bersama-sama. Lalu pada akhir kegiatan dilakukan sesi evaluasi kemajuan individu dalam beraktivitas setiap pertemuan.

“Ada banyak hal menarik dalam sesi kegiatan komunitas yang kami lakukan. Para Senior memiliki keunikan masing-masing secara pribadi, ada yang mengeluhkan kesehatan dibagian tubuh tertentu, namun merasakan perubahan yang lebih sehat setelah mengikuti kegiatan. Tentu hal ini dipengaruhi oleh suasana hati dan pikiran-pikiran yang dibawa dari rumah. Yang tidak kalah penting suasana pembelajaran yang diterapkan banyak memberi sumbangsih”, tegas Samsul Bahri Nasution, Direktur MSC.

Muhammadiyah Senior Club (MSC) akan Memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan tema “ Anak Muda Masa Kini Memperingati Hari Sumpah Pemuda”. Adapun peringatannya dengan melakukan Sharing Session II di tingkat RW Pisangan Timur Rawamangun, tempat dimana senior-senior hebat yang telah menghasilkan karya kerajinan tangan. Acara dikemas dalam bentuk talk Show bersama dokter spesialis dari Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih.

Tujuan dari kegiatan ini memberikan pemahaman seputar kesehatan Senior dan rekrutmen angkatan ke II layanan kerajinan tangan di komunitas yang sama. Acara dilakukan pada Sabtu, 28 Oktober 2017.

Muhammadiyah Senior Club (MSC) menargetkan peserta yang mengikuti Sharing Session II sebanyak 300 peserta dan sampai hari ini data peserta yang telah masuk sekitar 100 orang usia lanjut. Sejumlah 200 peserta yang mengikuti Sharing Session II akan kami beri kesempatan mendaftar jadi peserta Screening memori Senior, memeriksa daya ingat senior untuk diberi tindakan yang sesuai. Motto kami “ Sehat Gratis Untuk Senior Bersama Anak Muda”. Fastabiqul Khairat.(sp/red)