Semangat Sumpah Pemuda, Muhammadiyah Senior Club (MSC) Terus Berdayakan Lansia

79

Sangpencerah.id – Pada tanggal 28 Oktober 1928, adalah salah satu tahapan penting sejarah utuhnya kedaulatan Bangsa Indonesia hari ini. Bangsa yang sangat besar dielukan-elukan oleh seluruh suku bangsa di dunia. Utuhnya design ke-Indonesiaan hari ini karena termaktub tiga pilar penting yaitu : satu Sumpah yang diucapkan oleh pemuda bahwa bertanah air satu, tanah air Indonesia. Kedua, berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Tiga, menjunjung Bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Sehubungan dengan itu, pada tanggal 28 Oktober 2017 Komunitas Binaan Muhammadiyah Senior Club (MSC) di tingkat RT Pisangan Timur Rawamangun melakukan Hajatan besar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke – 89 tahun. Hajatan yang melibatkan senior (lansia) tingkat kelurahan.

Dalam sambutan, Ketua RW Bapak Mukharir menyampaikan terima kasih kerjasama yang telah lama dilakukan pada tingkat RT, dan pada hari ini bekerjasama pada tingkat kelurahan dalam rangka memuliakan orang tua.

Selanjutnya, Samsul Bahri Nasution S. Psi menyatakan kerjasama ini merupakan moment yang penting bagi Muhammadiyah Senior Club (MSC) sebagai program yang digerakkan oleh generasi milineal sebagai wujud bakti dan hormat kepada pemuda (senior) yang mendirikan NKRI hari ini.

Kemudian, Direktur Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih Kasmiatun DCN., MKM dalam sambutannya menyatakan komitmen kelembagaannya dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan sebagai sebuah Rumah Sakit yang dimiliki Muhammadiyah. Sekaligus membuka acara sharing Session II Rawamangun.

Adapun acara inti adalah permasalahan usia lanjut yang disampaikan oleh dr. Wahyu Dwi Hantoro Sp.S untuk memberi pemahaman secara medis tentang syaraf dan persoalannya pada usia lanjut.

Sementara itu, Samsul Bahri Nasution S. Psi memaparkan arti pentingnya Muhammadiyah Senior Club (MSC) sebagai model pelayanan integrasi pendekatan medis, psikologis, dan sosial lingkungan.

Selanjutnya, menyampaikan bahwa MSC berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi senior (lansia) yang kurang mampu dengan mencarikan dana pelayanan. Syarat mendapatkan layanan gratis adalah seniornya semangat, berniat ibadah karena Allah, dan meluangkan waktu untuk mengikuti jadwal layanan di kantor MSC.

Dengan demikian, Muhammadiyah Senior Club (MSC) disaat bersamaan melakukan tes psikologi pemeriksaan daya ingat (screening memori) dalam melakukan rekrutmen angkatan kedua komunitas binaan di Rawamangun tanpa dipungut biaya.

Para senior terus berdatangan untuk menyaksikan acara, ada yang datang bersama cucu, ada yang dituntun panitia. Peserta yang telah mengikuti Screening memori sejumlah 12 orang, yang belum sempat mengikuti Screening Memory sejumlah 92 orang akan dijadwalkan secara berkala di kantor Muhammadiyah Senior Club (MSC). Acara ditutup dengan pameran karya angkatan pertama “Anak Muda Masa Kini Memperingati Hari Sumpah Pemuda”. Fastabiqul Khairat.(sp/red)