Santri Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta Galang Donasi Untuk Rohingya

sangpencerah.id – Dari rasa kepedulian terhadap sesama, yaitu saudara kita di rohingya yang sekarang ini terkena tindakan genosida (pembantaian massal). Sebuah gerakan nyata telah dilakukan oleh para santri keluarga 94 Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Yaitu dengan memberikan tenaga mudanya untuk terjun secara langsung di beberapa titik di Kota Yogyakarta dalam rangka penggalangan dana untuk rohingya yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 september 2017. Aksi penggalangan dana dilakukan di beberapa tempat strategis di yogyakarta, seperti misalnya dititik 0 Km, perempatan Wirobrajan, dan lain lain.

Gerakan ini dipelopori oleh Bahrululum selaku koordinator dari keluarga 94, dalam pelaksanaan acara ini Bahrululum memberi komentar tentang alasan tentang gagasan mengadakan gerakan penggalangan dana, “karena adanya rasa empati dan kepedulian terhadap saudara-saudara kami disana, sehingga kami merasa terpanggil untuk membantu mereka dan meringankan beban mereka. Serta bermaksud untuk menyerukan kepada pemerintah indonesia agar dapat secara istiqomah untuk mengecam tindakan pemerintah myanmar dan juga untuk terus membantu para etnis rohingya yang sedang di genosida.” paparnya. Dan semua hasil dari penggalangan dana sebesar Rp 43.950.000 nantinya akan disalurkan kepada pihak LAZISMU agar dapat menyalurkannya kembali kepada umat muslim rohingya.

Dari gerakan penggalangan dana ini kita dapat belajar, bahwasanya kita sebagai manusia seharusnya merasakan apa yang menimpa para saudara kita dirohingya sana dan membantu menghilangkan krisis kemanusiaan disana. Semoga gerakan ini memberi dampak yang signifikan bagi sikap pemerintah Indonesia dalam menjalankan politik luar negeri bebas aktif , yaitu aktif memproklamirkan perdamaian dunia.