Muhammadiyah Laweyan Dirikan Gedung Panti Asuhan 19 Milyar

68
Peletakan Batu Pertama

SangPencerah.id– Di tengah kondisi ekonomi yang tak kondusif, semangat warga Pimpinan Cabang Muhammadiyah Laweyan Kota Surakarta sangat luar biasa. Hari ini (27/10) PCM Laweyan memulai pembangunan gedung baru Panti Asuhan Yatim Keluarga Muhammadiyah (PAYKM). Pembangunan Gedung Panti yang berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Slamet Riyadi ini dihadiri langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah Dahlan Rais, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Rektor UMS, Sejumlah Politisi PAN dari DPRD Kota, DPRD Provinsi hingga DPR RI, serta ratusan warga Muhammadiyah.

Dalam sambutannya, Zulkifli mengajak umat Islam bergotong-royong membantu kaum duafa dan anak yatim dengan berbagai cara. “Muhammadiyah mendirikan Panti Asuhan Keluarga Yatim, ormas Islam lain membantu pendidikannya, pekerjaan atau diajak wirausaha. Jadi semua gotong-royong. Ini namanya Pancasilais,” ujarnya.

Dia juga mengajak umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan memberikan sedekah untuk pembangunan asrama ini. “Berjemaah untuk berlomba dalam kebaikan di jalan Allah. Dengan bersama-sama, beban yang dipikul lebih banyak orang lebih mudah sampai, selesai,” katanya sembari ikut memberikan sumbangan pada Panitia.

Aktivis Muhammadiyah yang juga Anggota DPRD Kota Surakarta, Amin mengungkapkan bila total keseluruhan biaya yang dibutuhkan untuk membangun gedung panti ini sekitar 19 Milyar. Biaya ini meliputi pembuatan desain hingga finishing bangunan.  Panti Asuhan Yatim ini sudah berdiri sejak 1930 dan bangunan gedung telah berdiri pada Tahun 1960’an. Panti Asuhan ini juga telah mengasuh dan membesarkan ribuan alumni. Seiring tuntunan zaman PCM Laweyan ingin membangun bangunan panti agar lebih modern. Selain sebagai tempat asrama dan pengasuhan, rencananya akan dilengkapi pula dengan pusat pengkaderan, pemberdayaan serta amal usaha ekonomi. Bagi masyarakat yang ingin mendonasikan infaq atau bantuan, dapat menghubungi bapak Amin di 08121531819. (sp/red)