Gubernur dan Bupati Karanganyar Kagumi Barong SMK Muhammadiyah 1 Blora

SangPencerah.id–  Prestasi tim seni budaya SMK Muhammadiyah 1 Blora semakin melejit, setelah berkali-kali meraih juara di Kabupaten Blora, 3 tahun berturut-turut (2015-2017) meraih juara pada parade budaya tingkat Jateng, menjadi penampil di anjungan Jateng TMII di Jakarta, serta menjadi wakil dan duta seni pelajar Jateng di tingkat nasional, sekolah Daihatsu pertama di Indonesia ini kembali tampil dalam apel akbar Sumpah Pemuda Kokam se-Jawa Tengah yang digelar di Kabupaten Karanganyar (22/10). Tim SMK Muhammadiyah 1 Blora tampil 2 kali, display saat menjelang apel serta display saat parade.

Pada even Jambore Kokam se-Jawa Tengah, tim seni budaya SMK Muhammadiyah 1 Blora menampilkan barong dengan lakon “Sardulo Gora Rupa” yang berisikan 50an pemain.  Gerak lincah yang atraktif dengan musik yang dinamis membuat kagum puluhan ribu penonton yang hadir, termasuk Gubernur Jateng, Ketua MPR, Wakil Ketua DPR, Bupati Karanganyar, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Ketua PWPM Jateng, Komandan Kokam serta 7 ribuan KOKAM yang turut menyaksikan. Saat menyaksikan, Gubernur Jateng yang duduk berdampingan dengan  Bupati Karanganyar dan Ketua PWM Jateng di panggung kehormatan tampak tersenyum dan sesekali memberikan tepuk tangan meriah.

Sebelum menyaksikan langsung di even Kokam Jateng hari ini, Gubernur Jateng juga terus mendukung tim dari sekolah Muhammadiyah yang memiliki siswa terbanyak di Jawa Tengah ini. Ganjar sudah sering menyaksikan penampilan SMK Muhammadiyah 1 Blora, saat tampil pada parade budaya HUT Jateng.Pada HUT Jateng, SMK Muhammadiyah 1 Blora membawakan tema yang bervariasi, seperti : ringkik gidrang, sawung tladung, hingga blandong mblothong.

 

Melalui twiter pribadinya, orang nomer satu di Jawa Tengah ini beberapa kali meretwet aktivitas dan prestasi-prestasi pelajar SMK Muhammadiyah 1 Blora, diantaranya prestasi-prestasi fotografer muda SMK Muhammadiyah 1 Blora yang ia beri komentar”hebat dan layak ditiru” serta dukungannya pada tim barong “Sardulo Nora Rupa”.

Selain Gubernur Jateng, Bupati Karangayar Juliyatmono juga mengapresiasi penampilan pelajar-pelajar SMK Muhammadiyah 1 Blora. “Jauh-jauh datang ke Bumi Intanpari, penampilan tim pelajar Muhammadiyah Blora ini berbeda dengan penampil yang lain. Mengusung dakwah berbasis budaya dengan penampilan dan prestasi yang membanggakan”, ujarnya.

Penampilan barong dari SMK Muhammadiyah 1 Blora ini selain memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, khususnya Budaya dari Blora juga untuk menegaskan bahwa Muhammadiyah tidak pernah alergi terhadap budaya dan terus melestarikan seni dan budaya, selama tak bertentangan dengan Islam. (sp/red)