10 Film Nasional di Bulan Agustus, “Nyai Ahmad Dahlan” Satu-satunya Film Kepahlawanan

Sangpencerah.id – Hari ini sudah masuk bulan Agustus. Pada bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini, 11 film lokal siap untuk ditayangkan di bioskop.

Ini kemajuan dibanding periode Juli yang cuma punya tujuh judul film Indonesia. Maklum, para sienas saat itu harus bersaing dengan film-film Hollywood seperti Spider-Man: Homecoming, War for The Planet of the ApesDespicable Me 3, dan Dunkirk.

Sementara pada Agustus nanti, persaingan relatif lebih ringan. Tidak ada film superhero atau animasi keluarga yang bisa menyedot antrean penonton.

Film lokal “hanya” akan berhadapan dengan Valerian and the City of Thousand PlanetsThe Dark Tower, dan Annabelle: Creation.

Meski demikian, Agustus yang menjadi masa ulang tahun negeri ini justru tidak ramai oleh film genre sejarah. Hanya ada satu film berlatar sejarah, yaitu Nyai Ahmad Dahlan (tayang pada 24 Agustus).

Sebenarnya ada satu film lain yang juga menyinggung sejarah, namun lebih pas masuk ke ranah dokumenter. Film itu menceritakan sejarah Kepulauan Banda dengan judul Banda: The Dark Forgotten Trail (3 Agustus). Sutradara Jay Subyakto ada di belakangnya.

Sementara Nyai Ahmad Dahlan mengisahkan Walidah Dahlan alias Nyai Ahmad Dahlan (diperankan Tika Bravani), tokoh emansipasi perempuan dari Kauman, Yogyakarta. Selain salah seorang pionir emansiasi perempuan, ia menolak kawin paksa dan perempuan pertama yang pernah memimpin Kongres Muhammadiyah pada 1926.(sp/beritagar)

BAGIKAN
Berita sebelumyaPenjelasan Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 7-8 Agustus 2017
Berita berikutnyaSosok Penuduh Tepuk Anak Soleh Intoleran, Kader Muslimat NU