Kenangan Muhammad Muqoddas Saat Menceramahi Adiknya, Pak Busyro

Telah wafat Bapak Drs. H. Muhammad Muqoddas, M.Ag., Lc. Mantan Ketua PP Muhammadiyah tiga periode tahun 2000-2015 pada Sabtu 22 Juli 2017 sekitar jam 19.10 di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta.  Insya Allah Almarhum akan dimakamkan pada Ahad 23 Juli 2017 jam 14.00 di Makam Gambiran Umbulhardjo Yogyakarta. 
Hampir semua warga Muhammadiyah mengenal beliau, karena beliau adalah penceramah ulung tegas dan lugas. Bagi warga Muhammadiyah Nitikan punya kenangan tersendiri terhadap beliau 

Suatu saat pertengahan tahun 2005 berdasarkan keputusan sidang Dewan Perwakilan Rakyat R I,  Bapak H Muhammad  Busyro Muqoddas telah dipilih  sebagai anggota Komisi Yudisial. Tentunya  seluruh anggota Pimpinan Ranting Muhammadiah  Nitikan bersyukur,  bergembira dan berbangga hati bahwa  Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Nitikan H Busyro Muqoddas  mendapat tugas yang mulia sangat tinggi untuk ukuran  anggota  PRM Nitikan. Dapat dibayangkan dari Ketua Ranting Muhammadiyah Nitikan jadi anggota Komisi Yudisial  dam kemudian terpilih jadi ketua Komisi Yudisial.

Dalam rangka  pelepasan Ketua Ranting Muhammadiyah ketempat tugas yang baru  diadakan upacara pengantar tugas di Markas PRM Nitikan (Masjid Muthohhirin).  Tanpa setahu beliau (Pak Busyro )saya selaku wakil Ketua PRM NItikan mengundang  Bapak H Muhammad Muqoddas untuk memberikan ceramah dalam acara pengantar tugas Pak Busyro ke Jakarta.

Ceramah beliau tegas, lugas dan mengerikan. Ini singkatan ceramahnya

BUSYRO KAMU AKAN BERANGKAT KE JAKARTA  UNTUK MEMIKUL BEBAN YANG DITUGASKAN NEGARA.

BUSYRO KAMU JANGAN KORUPSI

SEKALI  LAGI JANGAN KORUPSI

JANGAN MEMALUKAN KELUARGA

JANGAN MEMALUKAN MUHAMMADIYAH

Dan yang mengerikan 

BRAK BRAK  

Podium  diketuk dengan keras.

Itulah kenangan kami warga Muhammadiyah Ntikan terhadap beliau H Muhammad Muqoddas. Jangankan Pak Busyro yang di nasehati terdiam,  juga yang hadir berjubel di Muthohhirin terdiam, tertunduk karena merasa peringatan  bukan tertuju hanya kepada Pak Busyro tetap kepada semua yang hadir. 

Dan akhirnya mari kita berdoa untuk almarhum bapak H Muhammadd Muqoddas

Wahai Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk.

Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka. 

Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. 

Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. 

Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. 

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam

Wassalam mualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

( H Marwan DS, warga PRM Nitikan)

BAGIKAN
Berita sebelumyaMantan Ketua PP Muhammadiyah, Muhammad Muqoddas Tutup Usia
Berita berikutnyaMuhammad Muqoddas, Ulama Sederhana, dengan Akhlak Mewah