Menguak Sejarah Spirit Islam di Kotagede

Sangpencerah.id – Menjelang Ramadhan lalu, PC IMM Bulaksumur Karangmalang (UGM-UNY) mengadakan diskusi dan rihlah mengenai Muhammadiyah dan Kotagede. Perjalanan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat islam sebagai rahmatan lil ‘alamin pada kader. Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, namun juga mengenai kepedulian dan kasih sayang kepada sesama. Serta sebagai tempat untuk mengakrabkan kader Muhammadiyah dengan tapak tilas lokasi bersejarah.

Buku Bulan Sabit Muncul di balik Pohon Beringin karya Mitsuo Nakamura menjadi pengantar pembahasan pada diskusi (22/05) yang dipantik oleh Wirasta Catur ketua bidang Seni Budaya dan Olahraga PC IMM BSKM. Kemudian Kamis (25/05) dilaksanakan perjalanan menuju Kotagede dengan didampingi oleh Immawan Ghifari Yuristiadhi, dari Muhammadiyah Herritage.

Perjalanan dimulai dari Masjid Perak Kotagede yang merupakan peninggalan Muhammadiyah. Berawal dari “Syarekatul Mubtadi” kemudian bergabung menjadi Muhammadiyah Kotagede tahun 1923. Selanjutnya adalah Dalem Sopingen, merupakan tempat konstestasi ideologi. Mulai dari tokoh Muhammadiyah, tokoh Islam, tokoh komunis, pernah melakukan orasi di Dalem Sopingen. Selain itu, rombongan PC IMM BSKM berhenti di Pasar Kotagede, dibangun oleh Ki Ageng Pamenahan untuk menghidupkan sebuah Desa sebagai jantung ekonomi warga.

Perjalanan ditutup dengan mengunjungi Masjid Mataram Kotagede, sebagai masjid kerajaan mataram islam dengan dilimpahkan kepada kiai penghulu sebagai ‘juru kunci’ atau sebagai takmir. Islam sebagai landasan sejarah dalam pembangunan masyarakat sosial di Kotagede, yang berkembang lagi ke Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Ngayogyakarta. Perkembangan islam tersebar menggunakan kasih sayang bukan dengan kekerasan.

Sudah saatnya refleksi islam dimaknai secara meluas. Sejarah kehadiran islam dengan perdamain, nilai islam sebagai islam rahmatan lil alamin pun diterapkan dalam kehidupan sosial kita. Seperti Kotagede yang mampu menjadi tempat bertemunya para tokoh dan mampu berdampingan secara damai.

“wamaa  Arsalnaka Illa Rahmata Lil ‘alamin”

Profil Singkat Penulis

Sholeh Ade Cahyadi adalah Ketua Bidang Organisasi PC IMM BSKM periode 2017. Sekarang sedang menempuh Pendidikan di jurusan Pendidikan Teknik seipil & Perencanaan Fakultas teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan Keseharian hobi desain grafis , menjadikan pendekatan sejarah sebagai bentuk penguatan gagasan dalam mendesain grafis.