UNIK ! 8 Persamaan SMP Muh 8 Bandung dan SMP Muh 8 Batu

SangPencerah.id–    Sahabat sangpencerah.id, sudah tahukah anda bahwa ada sekolah Muhammadiyah yang memiliki keunikan-keunikan. Keunikan ini berupa persamaan-persamaan dari dua sekolah Muhammadiyah yang sama-sama berjuang di daerahnya masing-masing. Keunikan ini tak disengaja, bahkan kedua sekolah ini  belum tentu menyadari. Terbentang jarak yang sangat jauh, kedua sekolah ini juga belum tentu pernah berinteraksi.

Pertama, Yang jelas kedua sekolah ini berada dibawah naungan persyarikatan. SMP Muhammadiyah 8 Batu dulunya masuk dalam PDM Kabupaten Malang, setelah PDM Kota Batu berdiri maka sekolah ini masuk dalam wilayah PDM Kota Batu. Sedangkan SMP Muhammadiyah 8 Bandung masuk dalam wilayah PDM Kota Bandung.

Kedua, unik banget, sekolah ini sama-sama berangka 8. Angka 8 ini angka keistimewaan Masyarakat Jepang. Memiliki makna persatuan dan solidaritas yang utuh.  SMP Muhammadiyah 8 Bandung didirikan pada Tahun 1988. Sedangkan  SMP Muhammadiyah 8 Batu didirikan pada Tahun 1982.

Ketiga, sekolah ini sama-sama berada  di dataran yang cukup tinggi dan dingin. SMP Muhammadiyah 8 Bandung berada dikawasan Antapani, Kota Kembang Bandung dan SMP Muhammadiyah 8 Batu berada di Jalan Welirang, Kota Wisata Batu. Kota Bandung dan Kota Wisata Batu sendiri  sama-sama menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Keempat, kedua sekolah ini sama-sama memiliki gedung bertingkat-tingkat  yang berwarna putih. Bukan hanya gedungnya saja yang berwarna putih, seragam dan jilbab yang digunakan para pelajar dikedua sekolah ini juga sama-sama berwarna putih.

Kelima,  sekolah ini sama-sama menjadi sekolah favorit didaerahnya, SMP Muhammadiyah 8 Bandung, merupakan sekolah Muhammadiyah paling unggul di kawasan Bandung Raya sedangkan SMP Muhammadiyah 8 Batu merupakan sekolah yang paling maju di kawasan Malang Raya. Tidaklah heran, bila kedua sekolah ini sama-sama memiliki peserta didik ratusan siswa.

SD Muhammadiyah Kota Batu

Keenam , kedua SMP Muhammadiyah ini sama-sama bertempat satu lokasi yang sama dengan SD Muhammadiyah. SMP Muhammadiyah 8 Bandung berlokasi yang sama di kawasan Antapani dengan SD Muhammadiyah 7 Bandung, sedangkan SMP Muhammadiyah 8 Batu berlokasi sama dengan SD Muhammadiyah 4 Batu. Hebatnya lagi, 2 SD Muhammadiyah itu juga sama-sama maju, bahkan Sekretaris PDM Kota Batu mengungkapkan bila SD Muhammadiyah 4 Kota Batu saat ini sampai kuwalahan dalam menampung siswa baru.

Ketujuh, sekolah ini sama-sama menjadi langganan kunjungan pejabat dan artis-artis.  SMP Muhammadiyah 8 Batu sering sekali mendapat kunjungan Walikota, Wakil Walikota Batu dan pejabat lainnya. Bahkan anak-anak sekolah ini pernah mendapat tiket gratis dari Walikota untuk berkunjung ke tempat wisata Museum Angkut. Artis Cilik Baim dan Aktivis HAM Munir yang bersekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu cukup dekat dengan sekolah ini.

Sedangkan SMP Muhammadiyah 8 Bandung tak kalah hebat, sekolah ini juga sering dikunjungi Walikota Bandung yang juga alumni TK ABA. SMP Muhammadiyah 8 Bandung telah melahirkan sosok gitaris band papan atas Lukman Noah, bukan hanya lukman yang pernah belajar di SMP Muhammadiyah 8 Bandung, bahkan putri dari Lukman Noah juga saat ini belajar disini.

Kedelapan, kedua sekolah ini bukan hanya unggul dalam bidang akademik, tapi juga menjadi sekolah paling mahir dibidang budaya didaerahnya masing-masing. SMP Muhammadiyah 8 Bandung memiliki berbagai kelompok seni budaya, mereka sering meraih juara pada kompetisi FLSN maupun kompetisi yang lainnya. Kelompok angklung menjadi salah satu ekskul favorit, berbagai pentas budaya sering mereka gelar. Pelajar SMP Muhammadiyah 8 Bandung juga tampil memukau pada pembukaan kompetisi internasiolan OLYQ III di Stadion Arcamanik, Kota Bandung.

Sedangkan SMP Muhammadiyah 8 Batu menjadi sekolah paling unggul dibilang seni budaya di kawasan Malang Raya. Sekolah ini rutin menjadi penampil di Muhammadiyah Education Award, serta sering menggelar Muhammadiyah mencari bakat, even tahunan seni budaya untuk menggali bakat-bakat siswa.Tahun 2016 yang lalu menjadi juara umum FLSN di Kota Batu yang kemudian maju ketingkat provinsi. Sama seperti SMP Muhammadiyah 8 Bandung, sekolah ini juga mengembangkan seni musik Angklung, selain karawitan.

Dua sekolah ini sama-sama aktif dibindang jurnalistik dan komunikasi. SMP Muhammadiyah 8 Batu memiliki produksi majalah unggulan yakni “Meightgazine”, sedangkan SMP Muhammadiyah Kota Bandung memiliki majalah “Kadira”, akronim Kadipaten Raya 46. Di berbagai media baik itu media cetak, media online maupun  media sosial, dua sekolah ini juga sama-sama aktif, berkali-kali tim humasnya mengirim berita seputar sekolah kepada redaksiSangPencerah.id.

Baca juga (Keren, Gitaris Noah Ini Pernah Sekolah di SMP Muhammadiyah 8 Bandung), (Setiap Bagi, Artis Cilik Baim Bersepeda ke SD Muhammadiyah Batu) dan (4 Sekolah Unggulan Muhammadiyah yang Memiliki Murid Baru Diatas 600 Siswa)

Kini, baik SMP Muhammadiyah  8 Batu maupun SMP Muhammadiyah 8 Bandung sama-sama terus bergerak untuk mengembangkan diri. Kedua sekolah ini sama-sama ingin mengembangkan dan mencetak generasi berkemajuan melalui berabagai kegiatan yang ditawarkan, baik itu keislaman, sains dan teknologi, sosial budaya, kewirausahaan, dan olah raga. (sp/red)