Perkuat Ukhuwah, Muhammadiyah dan NU Jalan Sehat Bersama

SangPencerah.id– Ribuan warga Tanggul, Minggu (30/4/2017) pagi, mengikuti JJS (Jalan Jalan Santai) yang diadakan ormas NU dan Muhammadiyyah yang tergabung dalam Forum Umat Islam Tanggul (FUIT).

Acara yang digelar untuk memperingati Isra’ Miraj serta menjalin ukhuwah islamiyah itu mengambil start di depan Kantor Kecamatan Tanggul. Para peserta dilepas Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH SIK.

“Saya berharap kebersamaan ini tetap berjalan. Dengan kebersamaan ini, Jember akan menjadi aman dan kuat,” ujar kapolres Jember sebelum melepas ribuan peserta.

Usai memberi sambutan, Kusworo melanjutkan dengan melepas peserta JJS. Sontak gema takbir dan sorak-sorai ribuan peserta bergema begitu mereka diberangkatkan. “Selamat jalan, selamat berolah raga, semoga kita semua diberi kesehatan dan selamat sampai finis,”  ungkap Kusworo bersemangat.

Bukan hanya melepas peserta JJS. Kusworo yang didampingi istri dan dua anaknya juga ikut acara JJS berbaur dengan peserta. Tak ayal sapaan dan panggilan dari  peserta terus bercuit.

Sementara, ketua panitia kegiatan H M. Sukarno dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini selain untuk silaturahmi dan ajang olahraga bersama. “Namun yang terpenting sekali, kegiatan ini dimaksudkan sebagai wahana mempererat persatuan dan ukhuwah dalam rangka memperkukuh NKRI, ” tandasnya.

Sukarno menambahkan, JJS kali ini mengambil rute kurang lebih sejauh 6 km. Panitia juga menyediakan berbagai hadiah mulai dari buku tulis hingga sepeda motor Honda Beat tanpa adanya pungutan biaya. “Terkait kupon kita gratiskan karena semua hadiah berasal dari donatur yang ada di Tanggul. Untuk kupon kita sediakan sekitar 17.200 kupon dan semuanya ludes..des,” ucapnya.

Camat Tanggul Drs Sukardi  berharap kegiatan JJS ini merupakan momentum awal dari kebersamaan yang dibangun antar-elemen bangsa yang ada, khususnya ormas Islam. “Sehingga  dapat menangkal isu- isu negatif pada masyarakat seperti radikalisme dan terorisme karena pada dasarnya Islam adalah agama yang rahmatan lil alamiin,”ujar Sukardi.

Selain Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kapolsek Tanggul AKP Bambang S. A’wan, HM. Arum Sabil dari PCNU Jember, kadispora Jember, camat Tanggul, danramil Tanggul, ketua PCNU Jember, ketua PD Muhammadiyah Jember, serta seluruh warga NU dan Muhammadiyah se-kecamatan Tanggul ikut hadir (sp/jtn)