Muhammadiyah Dirikan Perguruan Tinggi di Taman Laut Terbaik Dunia

SangPencerah.id-Bulan Maret yang lalu, SangPencerah.id memberitakan tentang geliat dakwah Muhammadiyah di daerah Wakatobi. Berikutnya pada bulan April, Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Mendikbud mengadakan kunjungan ke kawasan ini.

(Baca : Pesona Sekolah Muhammadiyah di Taman Laut Terbaik Dunia )

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy hadir di prosesi peletakan batu pertama pembangunan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wakatobi, di Sulawesi Tenggara. Didampingi Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nasir dan Bupati Wakatobi Arhawi, Menteri Muhadjir Effendy tiba di Wakatobi disambut dengan sajian minuman kelapa muda.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi peletakan batu pertama. Cuaca cerah saat acara berlangsung namun dengan suhu udara yang panas di kabupaten kepulauan tersebut. Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nasir mendapat kesempatan meletakkan batu pertama, disusul Mendikbud Muhadjir Effendy dengan menuangkan semen dan meletakkan batu gamping ke pondasi pertama bangunan.

Giliran mendapat tempat ketiga adalah Bupati Wakatobi. Setelah acara peletakan batu pertama, Mendikbud Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah di Wakatobi.

Sementara Pemkab Wakatobi menyampaikan sangat berterima kasih Ketua Umum  PP Muhammadiyah atas didirikannya perguruan tinggi di Kabupaten Wakatobi. ” Setiap tahunya Kabupaten Wakatobi menamatkan kurang lebih 1000 orang siswa, namun  yang melanjutkan pendidikan hanya sekitar 20 persen saja, sisanya  menganggur, Kami sangat berterimah kasih kepada bapak Mendikbud karena sudah menghadirkan UMW  di Wakatobi. sehingga tidak banyak lagi siswa yang harus keluar untuk melanjutkan pendidikan,” ungkap  La Isi yang Wakili Pemda Setempat dalam sambutannya dihadapan Mendikbud dan Ketua Umum PP Muhammadiyah.