KOKAM Papua Kawal Dakwah Islam di Papua Barat

sangpencerah.id – KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) merupakan satuan yang dimiliki organisasi otonom Muhammadiyah memiliki peran dan fungsi strategis dalam menjalankan misi dakwah Islam yang diemban Muhammadiyah.

Sebagai manifestasi hal tersebut KOKAM senantiasa menjaga marwah islam dan ummat islam serta konsisten terhadap konsesus kebangsaan dan NKRI, hal ini pula yang dipraktekan oleh anggota KOKAM di Teluk Bintuni Papua Barat yang senantiasa mengawal dakwah islam di Tanah Papua baik yang dilakukan oleh Muhammadiyah maupun ormas atau kelompok islam lainnya.

Aktivitas dakwah Muhammadiyah di Papua Barat terkendala masalah transportasi karena mayoritas wilayahnya adalah pinggiran. Perlu usaha keras masuk ke pedalaman untuk berdakwah atau kegiatan sosial lainnya.


KOKAM di Papua Barat juga kerap menjadi jembatan komunikasi antara Pemerintah setempat dengan warga masyarakat terutama ummat islam

Muhammadiyah Papua Barat sendiri berdiri sejak tahun 2005 dan telah memiliki Universitas Muhammadiyah Sorong, Menariknya perguruan tinggi di Papua Barat  terutama Universitas Muhammadiyah Sorong, turut mendidik banyak mahasiswa non-muslim. Tak ada perbedaan dalam materi pengajaran bagi mahasiswa muslim dan non-muslim. (redaksi/sp)