Ikhtiar ‘Aisyiyah Mendirikan Klinik Islam Pertama di Merauke

9

SangPencerah.id– Peringatan Milad ke- 100 Tahun Aisyiyah se-Papua kali ini dilaksanalan di Kota Serui. Kegiatan yang dilaksanakan pada 11-12 Mei 2017 ini  dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, selain acara milad dilaksanakan juga konsolidasi organisasi, tablig akbar, dan baitul arqam Pimpinan Wilayah Aisyiyah Papua.


“Para ibu yang ada di Aisyiyah harus mengikuti semangat Aisyiyah dan diharapkan Aisyiyah mampu terus berkiprah memajukan bangsa,” kata Ustaz Merza Edi Nadsari selaku Pengurus Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dalam acara pembukaan Milad Aisyiyah, Kamis (11/5/2017).

Sementara, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Yapen Hj Nur Aedah menambahkan, 100 tahun Aisyiyah ini bisa menjadi momentum refleksi selama ini sehingga kedepan mampu terus berkiprah dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. “Semangat Aisyiyah terus ditingkatkan,” tambahnya.


Kegiatan yang pelaksanaannya di Hotel Kelapa Dua Serui ini dihadiri beberapa pimpinan daerah dari berbagai kabupaten di Provinsi Papua, diantaranya, Jayapura, Kerom, Biak, Nabire, Waropen, Merauke, dan Fak-fak.

 

Peringatan Milad Aisyiyah di Papua sendiri dilaksanakan secara bergantian, bila tahun ini dilaksanakan di Serui, maka tahun mendatang insya allah akan diselenggarakan di Kabupaten Merauke.

Ikhtiar Aisyiyah Merauke Mendirikan Klinik Kesehatan

Pacsa milad ‘Aisyiyah yang ke-100 ini, Pimpinan Daerah Aisyiyah Merauke, wilayah yang berada dibagian paling timur Indonesia ini akan terus bergerak cepat.  Ibu Rini Lestari, Ketua PDA Merauke kepada redaksi sangpencerah.id mengungkapkan bila PDA Merauke memiliki beberapa agenda. Saat ini Aisyiyah Merauke memiliki beberapa TK yang cukup diminati masyarakat. Selain itu Panti Asuhan juga terus dikembangkan.

Menarik Dibaca (Terus Berprestasi, TK Aisyiyah Merauke Sedot Minat Ratusan Siswa)

Dibidang ekonomi, ‘Aisyiyah Merauke memiliki beberapa toko yang digunakan untuk menopang kegiatan dakwah. Salah satu bangunan dari toko ini rencananya akan digunakan untuk mendirikan klinik kesehatan dan apotek.

“Kami  telah melakukan berbagai persiapan untuk mendirikan Klinik Kesehatan Islam pertama di Merauke. Selain mempersiapkan tanah dan bangunan kami juga telah mempersiapkan tenaga kesehatan. Beberapa kader Aisyiyah Merauke telah dilantik menjadi apoteker, beberapa kader juga ada yang  menjadi perawat, sedangkan Ketua Majelis Kesehatan PDA Merauke saat ini sedang menyelesaikan S2 di UNISA”, ujar Ibu Rini Lestari dengan semangat tinggi.

Klinik Aisyiyah ini rencananya akan didirikan di Jalan Raya Mandala, pusat Kota Merauke. Lokasinya cukup strategis dan memadai.  Keinginan kuat untuk mendirikan klinik kesehatan ini, karena belum adanya amal usaha kesehatan milik umat Islam khususnya milik Muhammadiyah di Papua.

Baca : (Pengajian Aisyiyah Merauke, Semangat Kumpulkan Dana Jutaan) dan (Panti Asuhan Merauke, Dalam Keterbatasan Didik Ratusan Siswa)

Ibu-Ibu ‘Aisyiyah Merauke juga sangat berharap dukungan, khususnya dari PP Muhammadiyah, PP ‘Aisyiyah,  PTM/PTA serta warga persyarikatan  untuk segera mendirikan klinik kesehatan ini. Aisyiyah Merauke ingin membuktikan bahwa dakwah matahari tetap bersinar di batas negeri. (sp/red)