Gedung Megah 7 Lantai RS PKU Muhammadiyah Surakarta Diresmikan

Foto : Gedung B RS PKU Muhammadiyah Surakarta (Tim Humas PKU)

SangPencerah.id- Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta meresmikan gedung B, Sabtu (20/5/2017). Gedung baru ini menghadap ke utara, sehingga saat ini kita bisa melihat kemegahan gedung PKU Solo lama yang menghadap selatan dan gedung baru yang hari ini diresmikan.

Hadir dalam peresmian ini Sekda Kota Surakarta, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ketua PWM Muhammadiyah Jateng, Para Direktur RS Muhammadiyah/Aisyiyah dan keluarga Muhammadiyah Kota Surakarta.

Peresmian gedung B dilakukan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir. “Peresmian gedung baru ini sebagai bentuk keinginan RS PKU Muhammadiyah Solo memberikan layanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat,” ujar Haedar Nashir di sela-sela peninjauan ruangan di Gedung B RS PKU Muhammadiyah Solo

Ketua PD Muhammadiyah Surakarta, H. Sobari, dalam sambutannya berharap RS PKU Muhammadiyah Solo semakin berkembang dan menjadi salah satu amalan PD Muhammadiyah Solo.

Sekda Surakarta Budi Yulistianto mengharapkan RS PKU Muhammadiyah  dapat mewujudkan kesehatan masyarakat Solo, karena kesehatan penting dalam pembentukan sumber daya masyarakat.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Surakarta, dr Mardiatmo, mengatakan, gedung B dibangun tujuh lantai diatas tanah seluas 1.500 m2.

Pembangunam dimulai pada 1 September 2015 dan selesai pada 18 April 2017 atau sekitar 18 bulan. “Anggaran pembangunan gedung B sebesar Rp 46 miliar,” katanya.

Tujuh lantai bangunan gedung B ini terdiri dari: Lantai 1 (lantai dasar) menjadi area parkir dan kantin (toko). Lantai 2 (KH Mas Mansur) digunakan untuk ruang kemoterapi (14 tempat tidur).Lantai 3 (Prof Mr Kasman Singodimejo) digunakan untuk ruang hemodialisa dengan kapasitas untuk 56 pasien per-shif.

Baca juga (Cucu Jokowi, Satu dari Jutaan Bayi yang lahir di PKU Muhammadiyah) dan (PKU Surakarta : Bermula dari Rumah Kyai hingga Gedung Megah yang Disegani)

Lantai 4 (Prof Hamka) digunakan untuk kamar perawatan inap (21 tempat tidur kelas 1 dan 2). Lantai 5 (KH Fahruddin) digunakan untuk kamar perawatan inap (13 tempat tidur VIP dan VVIP). Lantai 6 (KH Bagus Hadikusumo) digunakan untuk kamar perawatan inap (13 tempat tidur VIP dan VVIP). Lantai 7 (KH Suja) digunakan untuk kamar perawatan inap (13 tempat tidur VIP dan VVIP).

“Total keseluruhan rawat inap di RS PKU Muhammadiyah ada sebanyak 322 tempat tidur,” katanya. Jumlah itu terdiri dari suite room, VIP, VVIP, kelas 1, kelas 2, kelas 3, isolasi, dan intensive care. (sp/ts)